Pesan KH Zezen Zaenal Abidin: Cuci Hati dengan Thariqah

SUBANG – Rais Jam’iyah Ahlith Thariqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyah (JATMAN), KH Zezen Zaenal Abidin Bazul Azhab mengingatkan pentingnya mencuci hati dengan thariqah.

Menurut KH Zezen, thariqah merupakan ruhnya kehidupan. Tanpa dilandasi oleh thariqah, manusia hidup laksana kendaraan tanpa awak.

“Hidupnya akan sempoyongan tak terarah. Karena thariqah merupakan sebuah metode seseorang untuk sampai pada tujuan,” ujar Kiai Zezen saat memberikan ceramahnya pada acara peringatan Isra Mi’raj di halaman Masjid Jami’ Al-Falah, Kampung Katomas, Sumbersari, Pagaden Subang, Jawa Barat, Selasa (5/5) malam.

Dikatakan, mempelajari ilmu thariqah merupakan wajib’ain. Selain itu, landasan syari’at dan ketauhidan juga menjadi aspek yang terpenting dalam menjalani kehidupan. “Jangan kemudian muncul anggapan bahwa thariqah hanya bisa dilaksanakan oleh sekelompok orang saja,” katanya seperti dilansir Koran Berita Biro Subang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa hati merupakan aspek yang sangat vital dalam diri manusia. Dengan hati bersih, manusia akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dan tidak terjebak di dalamnya.

“Itu merupakan aplikasi dari konsep NU dengan Ta’adul, Tasamuh, Tawazun dan Tawassuth-nya. Sehingga jika konsep NU itu tak ada thariqoh, maka seperti masakan tak ada rasanya,” jelas Ajengan Zezen yang juga Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Barat tersebut.

Acara yang dilaksanakan oleh Ponpes Miftahul Huda Al-Musri, Katomas, Sumbersari, Pagaden, Subang ini dihadiri oleh ribuan Nahdliyin dan masyarakat sekitar. Tampak hadir Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Subang, KH Musyfiq Amrullah, Ketua GP Ansor Subang, Asep Alamsyah Heridinata dan badan otonom NU lainnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: