Pesantren Merupakan Kekuatan Ulama

Probolinggo, Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo KH Munir Kholili mengungkapkan bahwa pesantren merupakan salah satu kekuatan agama. Kekuatan ulama NU berada pada maju dan tidaknya pesantren.

Kiai Munir Kholili menyampaikan hal itu ketika menghadiri haflatul imtihan Pondok Pesantren Ar-Rofi’iyyah di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (15/12) malam.

“Kekuatan ulama di pesantren ini banyak dibantu oleh para santri dan wali santri. Jika masyarakat mau menaruh anaknya di pesantren, maka pesantren akan maju dan ulama akan semakin kuat,” katanya.

Menurut Kiai Munir, di dalam lingkungan pesantren santri tidak hanya diajarkan ilmu agama dan pengetahuan saja, tetapi bagaimana santri memiliki akhlak yang baik sehingga bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat ketika sudah kembali kepada lingkungannya.

“Mudah-mudahan para santri bisa menyerap ilmu yang diajarkan di pondok pesantren . Ilmu yang diberikan barokah dan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, santri harus sungguh menuntut ilmu di pesantren,” tegasnya.

Kiai Munir berharap supaya momentum haflatul imtihan ini bisa menjadi dongkrak kemajuan pesantren. Sebab kegiatan ini adalah salah satu bukti jika pesantren itu benar-benar eksis dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

“Semoga ke depan keberadaan pesantren di Kabupaten Probolinggo bisa terus berkembang dan maju. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Sehingga kekuatan ulama ini bisa terus dijaga dengan baik,” harapnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)