Pimpinan Pesantren se-Depok Gelar Tasyakuran Hari Santri

Depok, NU Online
Para pimpinan pondok pesantren di Depok menggelar tablig akbar bersama ribuan santri dan di Cipayung, Depok. Mereka mengapresiasi penetapan Hari Santri Nasional yang dikeluarkan oleh Presiden RI Jokowi. Mereka melantunkan dzikir dan doa bersama.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT atas ditetapkannya Hari Santri. Sebab, dalam sejarah santri memiliki peran yang vital dalam perjuangan mengawal kemerdekaan. Mulai saat ini, santri harus menunjukkan jati dirinya dan bisa terus berkiprah untuk bangsa dan NKRI. Coba lihat, Gus Dur kan juga santri tapi juga Presiden RI,” ujar pengasuh pesantren Qotrunnada KH Burhanuddin Marzuki di hadapan ribuan santri dan pimpinan pesantren, Rabu (18/11).

Ketua PCNU Depok Ustadz Raden Salamun Adiningrat mengatakan, santri  harus sadar bahwa  peran mereka dinanti masyarakat Indonesia. Pasalnya, mereka menjadi inspirasi dan  selama ini dikenal dengan tafaqquh fid din (mendalami agama Islam). Saat ini, lanjutnya, santri harus mengisi berbagai aspek dalam pembangunan.

“Dengan karakter yang dimiliki, turut serta dalam  terbentuk proses pembangunan Indonesia lebih baik. Saat ini, tidak ada batasan lagi bagi santri dalam berkiprah, berkhidmat untuk negara dan masyarakat,” harapnya.

Ketua PP LDNU KH Manarul Hidayat menegaskan bahwa Resolusi Jihad memiliki peran yang sangat penting dalam masa Kemerdekaan RI. Para santri dan kiai turut serta berjuang merebut Kemerdekaan RI dari tangan penjajah dengan berjihad.

Menurutnya, saat ini ada kelompok yang sengaja memecah Islam dan menghancurkanNKRI. Salah satunya ialah gerakan Wahabi yang masuk ke Indonesia. “Hanya dengan Aswaja dan Islam rahmatan lil Alamin NKRI tetap utuh. Santri punya peran dan saatnya mengisi pembangunan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan itu tampak hadir pimpinan majelis taklim, kiai, ulama, habaib, santri, dan jamaah. Mereka juga mengisi tablig akbar dengan pembacaan maulid dan taushiyah agama. (Aan Humaidi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: