PMII Hasyim Asy’ari Ajak Kader Cinta Bershalawat

Jombang, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang mengajak kepada para pengurus dan anggotanya untuk mempertahankan budaya bershalawat sebagai salah satu bentuk melestarikan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) an-Nahdliyah.

Hal tersebut dicerminkan melalui gelaran pembacaan shalawat bersama di aula kantor PMII setempat, Selasa malam (15/12/2015) sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut pantauan NU Online, para pengurus tampak khidmat dan khusyuk, hingga semua pengurus dan anggota yang hadir pada saat itu membaca Maulid Diba’ secara bergantian.

Ketua Komisariat PMII Hasyim Asy’ari Rifqie Nurul Hidayat mengungkapkan, selain sebagai upaya mempertahankan tradisi lama yang diwariskan para ulama terdahulu, kegiatan ini juga untuk membentuk ciri khas organisasi kemahasiswaan yang berhaluan Aswaja an-Nahdliyah.

“Bahwa PMII yang notabene berhaluan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah agar menjadi platform yang punya kehasan dengan muhasabah, estetika, kebersamaan dan barokah yang tidak ditemukan di organisasi manapun,” katanya, Selasa (15/12).

Rifqi, sapaan akrabnya menuturkan bahwa selain membudayakan baca shalawat, juga terdapat banyak tradisi lama yang juga harus dipertahankan dan dilestarikan dalam konteks kekinian. “Ada banyak hal yang tetap kita pertahankan supaya PMII subur menjaga al-muhafadhatu ‘alal qadimis shalih wal akhdzu bil jadidil ashlah, bagaimana agar  tradisi lama yang baik harus disuburkan dalam konteks kekinian,” ungkapnya.

Sementara Torik, Ketua III Bidang Keagamaan mengungkapkan, menjelang bulan Maulid Nabi Muhammad, akitvis PMII secara keseluruhan hendaknya merayakannya dengan bershalwat bersama-sama. “Kita ingin mengajak kader PMII agar mampu untuk merefleksikan semangat profetik perjuangan nabi dengan bershalawat seperti yang diwariskan para alim ulama’,” ungkapnuya. (Syamsul Arifin/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: