PMII Unhasy Respon Persoalan HIV/AIDS di Jombang

Jombang, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mashasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur tengah mengupayakan menjawab persoalan kekerasan seksual yang menyebabkan salah satu terjadinya virus HIV/AIDS menimpa warga Jombang.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan Jombang sejak tahun 2014 hingga bulan terahir tahun 2015 ini, penderita HIV/AIDS di Jombang mencapai 857 orang. Jumlah ini merupakan angka terbanyak setelah kota Surabaya. Kondisi demikian mengundang berbagai pihak untuk menyikapi lebih tegas lagi dalam mencari solusi. Termasuk organisasi kemahasiswaan (Ormawa), PMII setempat.

Rifqie Nurul Hidayat, Ketua Komisariat PMII Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya telah mengundang beberapa narasumber dan lembaga-lembaga yang menangani persoalan HIV/AIDS. “Kita bersama beberapa pihak dan lembaga-lemabaga yang menangani permasalahan ini mau mendiskusikan intensif hingga ada solusi jitu untuk menekan angka itu,” katanya kepada saat dihubungi, Rabu (9/12).

Ia sudah mengoordinasikan dengan Palupi Pusporini (Direktur WCC Jombang), Nyai Hj Farida Shoalahudin Wahid (Aktivis Perempuan Pesantren), Mulyani Puspita Dewi (Anggota DPRD Jombang) dan Jasmintu, perwakilan dari petinggi Kampus Unhasy Jombang. “Mereka akan menyajikan makalah-makalahnya mengenai persoalan kekerasan seksual dan terkait HIV/AIDS,” tuturnya.

Rifqi, sapaan akrabnya berharap, kegiatan tersebut menjadi ajang pertukaran ide dan pengalaman dalam memberikan berbagai solusi alternatif untuk mencegah persoalan kekerasan seksual dan HIV/AIDS di Jombang. Di samping itu juga ia merasa prihatin dengan kondisi Jombang yang selama ini dikenal sebagai konta santri dan kota beriman. “Agar bisa memberikan solusi alternatif dalam persoalan ini. Jombang sebagai kota santri tidak sepantasnya menempati rangking ke dua penderita HIV/AIDS,” tandasnya.

Kegiatan ini dikemas dengan diskusi publik pada Kamis, (10/12/2015) besok pukul 08.00 WIB hingga rampung di Aula Kampus Unhasy. Panitia mengusung tema ‘Bergandeng Tangan Menghapus Kekerasan Seksual di Kabupaten Jombang’. Mereka juga mengundang perwakilan seluruh mahasiswa se-Jombang. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: