PP IPPNU Kukuhkan Tim Pengkaderan Regional Jawa

Semarang, Sebagaimana pengkaderan yang sejak awal menjadi fokus gerak IPPNU, pengkaderan juga menjadi kunci dari keberlanjutan banom untuk usia anggota termuda yang sekaligus merupakan wujud gerakan perempuan NU ini. Urgensi yang demikian tak bisa ditawar, karenanya PP IPPNU membentuk Tim Pengkaderan IPPNU Regional Zona Jawa.

Pembentukan tersebut setelah IPPNU pusat menggelar Latihan Pelatih Nasional Zona Jawa bertajuk “Kuatkan Ideologi Menuju Soliditas Organisasi”, Jum’at-Ahad (21-23/8). Agenda yang dilaksanakan di Gedung Pimpinan Wilayah NU Jawa Tengah ini diikuti oleh perwakilan dari tiap wilayah di pulau Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat dan Banten.

“Kualitas kader, kualitas pemimpin, berasal dari bagaimana sistem kaderisasinya berjalan. Saya sangat berharap agar pelatihan yang telah berlangsung selama tiga hari ini maksimal melahirkan kader-kader segar yang dapat membentengi diri dan sekitarnya dari Islam transnasional,” terang Farida Farichah, Ketua Umum IPPNU Pusat saat sambutan menutup acara (23/8).

Farida mengungkap bahwa tugas berat tim fasilitator regional ini yakni menanamkan doktrin ideologi kepada para kader muda. “Tugas berat kalian adalah bagaimana agar bisa mendoktrinasi keder-kader NU agar lebih kuat ideologinya. Tapi  tugas yang berat ini akan segera menjadi ringan ketika dilakukan secara bersama-sama,” lanjut Farida.

Pengukuhan dengan penandatanganan komitmen tim regional zona jawa oleh perwakilan peserta, tim fasilitator nasional dan Ketua Umum Pimpinan Pusat IPPNU. Komitmen berisi tiga hal pernyataan yang sebelumnya telah disepakati seluruh peserta Latpelnas.

Ketiga komitmen tersebut antara lain; fasilitator regional siap menjadi fasilitator zona Jawa, siap untuk menjadi penerus tim fasilitator nasional selanjutnya, dan selalu mengembangkan ide dan kreativitas dalam teknik fasilitasi pengkaderan di IPPNU.

“Semoga Acara  pelatihan ini nantinya bisa kontinu, artinya akan dilaksanakan kembali pula oleh Pimpinan Pusat IPPNU periode berikutnya,” harap Ainingsih, salah satu peserta yang mewakili Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Tengah. (Istahiyyah/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)