Puluhan Ribu Nahdliyin Gemakan Sholawat di GOR Jombang

Jombang, NU Online
Puluhan ribu warga Nahdliyin memadati Gedung Olah Raga Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (31/7) malam. Kedatangan mereka dari berbagai pelosok Jombang dan sekitarnya hendak menggemakan sholawat bersama Habib Syeikh dari Solo, Jawa Tengah.

Pantauan NU Online, masyarakat secara bergelombang berduyun-duyun menuju GOR yang terletak di jalan Presiden KH Abdurrahman Wahid No 151 Jombang sejak usai sembahyang Maghrib. Menjelang Isya hingga dimulainya acara pada pukul 20.00 WIB, warga terus berdatangan.

Kedatangan mereka bermacam-macam. Mulai berjalan kaki secara berkelompok, rombongan bersama keluarga mengendarai mobil, bus umum, mobil pick up, hingga sepeda onthel. Di wajah mereka tampak kegembiraan dalam menyambut perhelatan Muktamar ke-33 NU. 

Sepanjang jalan arteri menuju GOR padat merayap. Kepadatan arus lalu lintas terasa hingga jalan KH A Wahab Hasbullah. Aparat kepolisian kemudian membuat rekayasa lalu lintas. Pengalihan arus kendaraan roda empat pun dialihkan ke jalan KH A Wahid Hasyim menuju Alun-alun Jombang.

Pasukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tampak membantu berjaga-jaga di sepanjang jalan sembari mengarahkan pengendara roda empat ke jalur yang telah ditentukan. Beberapa pemotor tampak menerobos barisan aparat. 

“Yang dilarang masuk kan mobil, kalau motor boleh,” kilah sepasang muda-mudi berjaket Syeikher-Mania.

Habib Syeikh di sela-sela gebyar sholawat menyampaikan selamat kepada NU yang akan bermuktamar hingga lima hari ke depan. 

“Mari kita doakan muktamar NU sukses. Untuk para ulama dan pahlawan kita doakan semoga di alam barzah mendapat syafaat dan dikumpulkan bersama Rasulullah SAW,” ujar Habib Syeikh yang diamini ribuan jamaah.

Selama melantunkan sholawat, hadirin tanpa lelah mengibar-ngibarkan bendera NU dan bendera Sang Saka Merah Putih. Suasana kian meriah kala Habib Syeikh meminta hadirin berdiri sembari melantunkan lagu kebangsaan. 

“Sebelum pulang, mari kita kuatkan nasionalisme dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Merdeka,” teriak Habib diikuti jamaah.

Di tribun utama, Habib Syeikh didampingi para ulama dan habaib dari berbagai kota di sekitar Jombang. Tampak hadir Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Panitia Daerah (Panda) Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Wakil Bupati Hj Mundjidah Wahab, dan mantan Mendikbud Mohammad Nuh. (Musthofa Asrori/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)