PW Ansor Jateng Imbau Kader Jaga Ketertiban Malam Tahun Baru

Solo, NU Online
Momentum pergantian tahun baru 2016, yang biasanya diperingati masyarakat dengan berbagai perayaan, memungkinkan terjadinya tindakan yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Untuk itu, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Jawa Tengah mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan mengimbau para kadernya untuk turut aktif dalam menjaga kondusifitas masyarakat.

“Dalam kaitannya dengan menghadapi pergantian akhir/awal tahun baru, kader Ansor-Banser Jawa tengah diharapkan ikut aktif mencegah terjadinya berbagai tindak kerawanan yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat,” kata Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Ikhwanudin, kepada , Selasa (29/12) lalu.

Keterlibatan kader Ansor-Banser dalam momentum tersebut, menurut pria asal Batang tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya hal yang mengganggu keamanan masyarakat.

Selain itu, Ikhwan juga berpesan agar masyarakat dan kader Ansor tidak mudah terprovokasi dan bertindak main hakim sendiri, dengan adanya isu terompet yang berbahan sampul Al-Quran.

“Umat Islam harus waspada dengan upaya-upaya pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara-cara menghasut dan membuat resah ummat. Terhadap semua hal tersebut, dimohon untuk tidak main hakim sendiri,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada kepolisian untuk tidak menganggap kasus terompet sebagai hal sepele dan melakukan pembiaran tanpa ada proses hukum yang jelas.

“Mengingat kasus semacam ini sudah terjadi berulang kali dan berpotensi menyulut kemarahan ummat Islam. Aparat kepolisian mesti bertindak tegas mengusut kasus terompet maupun kasus lainnya yang sejenis, mengungkap motifnya serta menindak secara hukum,” kata Ikhwan. (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: