Rahmat Tuanku Sulaiman, Ketua GP Ansor Sumbar 2015-2019

Padang,
Konferensi Wilayah Ke-XII Gerakan Pemuda Ansor Propinsi Sumatera Barat menetapkan Rahmat Tuanku Sulaiman sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumbar masa khidmat 2015-2019. Sebelumnya, Rahmat dipercaya sebagai Ketua Tim Caretaker PW GP Ansor Sumbar.

Konferwil yang berlangsung Jumat (30/10) hingga Sabtu (31/10) dini hari di aula Kantor PWNU Sumbar Jalan Ciliwung No. 10 Padang, dibuka Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Ruchman Basori, dan ditutup Ketua PP GP Ansor Rahmat Hidayat Pulungan. Pada pembukaan turut memberikan sambutan Ketua Tim Caretaker Ansor Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman dan Wakil Ketua PWNU Sumbar Tamrin Ahmad.  

Ruchman Basori mengatakan, saat ini Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor sangat serius mengurus Ansor di berbagai lini dan sampai ke tingkat bawah. Setiap kader Ansor yang menduduki jabatan di setiap level pengurus harus mengikuti Pelatihan Kepemimpinan.

Di tingkat PC hingga ke ranting, kata dia, minimal sudah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Di tingkat propinsi minimal harus mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan di tingkat pusat harus mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN).

“Ansor terus berbenah sehingga organisasinya bisa terkoordinasi secara baik, sistematis dan terukur. Dengan demikian akan dapat melahirkan kader yang lebih professional, militant dan mampu menjawab tantangan yang tengah dihadapinya,” kata Ruchman.

Menurut Ruchman banyak pihak yang salah persepsi kepada Ansor ketika menjaga gereja saat ada kegiatan keagamaan di sana. Padahal Ansor menjaga Gereja tersebut merupakan bagian kecil dari menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bagi Ansor menjaga keutuhan NKRI dari pihak yang ingin membuat kegaduhan adalah mutlak. Jadi menjaga Gereja tersebut, agar tidak ada yang memanfaatkan untuk membuat kegaduhan. Sehingga dengan kegaduhan tersebut bisa mengganggu eksistensi NKRI,” tambah Ruchman.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Sumbar Tamrin Ahmad menyebutkan, posisi Ansor sangat strategis bagi NU ke depan. Untuk itu, kaderisasi yang sudah dibangun oleh Ansor penting mendukung keberadaan NU masa depan. “Melalui Konferensi Wilayah ini diharapkan akan lahirkan kader-kader militan yang akan mengurus Ansor empat tahun ke depan. Tanpa kader yang militant, tentu Ansor Sumbar sulit untuk berkembang,” kata Tamrin Ahmad.

Rahmat Tuanku Sulaiman  usai terpilih menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan para Ketua Pimpinan Cabang Ansor di Sumatera Barat. “Ini tugas berat yang harus dipikul empat tahun ke depan. Namun dengan kebersamaan kader-kader muda Gerakan Ansor Sumatera Barat, kita yakin mampu menjalankan roda organisasi Ansor  ke depan,” tutur Rahmat alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan Kabupaten Padangpariaman.

Untuk melengkapi kepengurusan PW GP Ansor Sumatera Barat, dibentuk Tim Formatur yang diketuai Rahmat Tuanku Sulaiman dengan dibantu Ketua Demisioner Rusli Intan Sati, Ketua PP GP Ansor Rahmat Hidayat Pulungan, Ketua PC Ansor KabupatenPadangpariaman Zeki Aliwardana dan Ketua PC Ansor Kota Padang Tan Gusli. (armaidi tanjung/abdullah alawi)
 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: