Ramadhan, Begini Cara BAZNAS Jatim Bahagiakan Anak Yatim

Surabaya, Wajah 100 anak yatim tampak bahagia ketika memasuki Cito Mall Surabaya pada Kamis (9/7) sore. Apalagi setelah mereka bertemu dengan orang-orang yang siap menjadi orang tua asuh dan bersedia membelikan baju lebaran bagi mereka. Setelah diperkenalkan, mereka langsung berpencar untuk mencari baju yang cocok di sejumlah toko dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama di atrium pusat perbelanjaan tersebut.

Keceriaan inilah yang terjadi dalam kegiatan “Menjadi OASE (Orang Tua Asuh Sehari)” yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur. Dalam kegiatan ini, BAZNAS Jatim mengajak para donatur untuk menyetorkan dana kemanusiaan yang kemudian digunakan oleh 100 anak yatim untuk membeli baju lebaran, didampingi oleh para donatur sebagai orang tua asuh.

Menurut Ketua Harian BAZNAS Jatim Nur Hidayat, aktivitas semacam ini adalah kegiatan surgawi di bulan suci. Sebab Rasulullah berjanji bahwa siapapun yang menyayangi anak yatim jaminannya surga dan berdekatan dengannya seperti jari kelingking dan jari tengah. 

“Ini adalah kegiatan surgawi, karena kita sebagai umat Islam memang diperintah untuk menyayangi anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga, siapapun yang memberikan kontribusi dalam kegiatan ini semakin dekat dengan surganya Allah subhanahu wa ta’ala,” katanya.

Selain berbuka puasa, para peserta juga diberi bantuan alat sekolah berupa tas dan kelengkapan alat tulis menulis serta uang saku. Semua bantuan itu bersumber dari para donatur yang telah terkumpul di BAZNAS Jatim. Dana yang terkumpul kemudian didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerima dengan mekanisme survei dan seleksi yang sesuai dengan syariat dan kriteria yang telah ditentukan.

Adapun program lain dari BAZNAS Jatim adalah:

  1. JATIM CERDAS : Beasiswa SMA, Bantuan Sarana Belajar SD/SMP, Bimbel Gratis & Pembinaan Penerima Beasiswa.

  2. JATIM SEHAT  : Klinik Al-Ikhlas untuk Dhuafa & Umum, JAMKESBAZ (Jaminan Kesehatan BAZNAS), Pengobatan Gratis Keliling & Bantuan Biaya Bersalin.

  3. JATIM MAKMUR : Bantuan Modal Bergulir, Bantuan Alat Kerja & Pembinaan Spiriual dan Bisnis untuk UMKM.

  4. JATIM PEDULI : Bedah Rumah Dhuafa, Santunan Tunai untuk Fakir rutin setiap bulan, Bantuan Ibnu Sabil, Ambulan Gratis, Bantuan Korban Bencana, Buka Puasa Bersama Dhuafa & Yatim, Parcel Idul Fitri, Qurban untuk Kampung Dhuafa.

  5. JATIM TAKWA  : Sosialisasi & Kampanye Sadar Zakat, Konsultasi & Jemput Zakat, Pengajian Komunitas Donatur, Kajian Agama Islam Rutin Instansi, Khutbah Jum’at, Kajian Al-Qur’an Tematik, Konsultasi Syariah & Konsultasi Psikologi. (Red: Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)