Ramadhan Menjadi Pelajaran Berharga bagi Anak-anak

Jepara, Momentum bulan Ramadhan bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga dalam rangka menanamkan nilai-nilai ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah bagi anak-anak. Demikian dalam akhir kegiatan Pesantren Ramadhan di SD Semai Jepara, Jawa Tengah.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini bertajuk “Jelajah Tradisi Aswaja” telah selesai dilaksanakan pada Kamis-Jum’at (9-10/7) kemarin.

Kegiatan yang diikuti 53 anak kelas IV-VI meliputi berbagai kegiatan; gebyar shalawat, memahami penyebaran Islam di Jawa melalui Walisongo seperti lagu Gundul-gundul Pacul, Lir-Ilir serta movie learning Walisongo dan menerapkan ajaran Islam Rahmatan lil Alamin.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa. “Kegiatan untuk memberikan kesan kepada siswa bahwa mondok itu happy, menyenangkan,” tambah ketua panitia, Hidayatun Nikmah.

Selain itu lanjut Nikmah untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan siswa kepada Allah SWT. Salah satu peserta, Amel, mengaku senang sekali dengan kegiatan tersebut. “Karena bisa kumpul-kumpul dengan teman, sahur dan tarawih bareng serta bisa lebih mandiri,” aku siswi kelas 4 SD.

Kepala SD Semai Jepara, Ismawati berharap melalui kegiatan ini anak-anak sejak dini memahami penyebaran Islam yang ditebarkan oleh para Wali. “Juga dalam rangka memahami ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” harapnya. (Syaiful Mustaqim/Anam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: