Rangkaian Haul Ke-6 Gus Dur PMII Komisariat Walisongo

Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia (PMII) merupakan organisasi ekstra kampus. PMII di antara tugasnya adalah menjadi tangan panjang ulama dalam mnyebarluaskan Ahlussunah wal jamaah (Aswaja).

Misi itu diejawantahkan dalam tindakan kader PMII  yang toleran, moderat, tasamuh dan taadul dalam berislam, dan mampu benar-benar menebarkan Islam yang penuh cinta kasih, Islam rahmatan lil ‘alamin.

Akan tetapi, dengan melihat fenomena kemanusiaan yang dewasa ini terjadi, seakan agama menjadi sekat diantara manusia satu dan manusia lain yang tak seAgama dengannya. Untuk berebut cinta Tuhan, bahkan ada yang sampai saling serang, saling bakar tempat ibadah, saling tuding, dan lain sebagainya.

Untuk itu, dalam rangkaian acara haul Gus Dur ini, PMII Rayon Abdurrahman Wahid ingin merefleksikan pemikiran-pemikiran Gus Dur mengenai pluralisme, tentang bagaimana kita sebagai manusia seharusnya bersikap, karena apapun agama kita, kita tetap bangsa Indonesia. Maka “Merindu Gus Dur; Mengamalkan Agama demi Kemanusiaan” menjadi grand tema pada serangkaian agenda haul Gus Dur ke-6. Adapun rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, Bedah Buku “The Wisdom of Gus Dur” oleh Sulton Fathoni dan M. Rikza Chamami, MSI. Buku ini merupakan buku yang berisikan kumpulan kata-kata bijak dari Gus Dur. Tujuan dari diadakannya bedah buku ini adalah agar kita semua mampu menegenal dan memahami pemikiran Gus Dur lewat quot (kata-kata mutiara)nya. Acara ini digelar di Aula Gedung Q kampus II UIN Walisongo Semarang pada hari Selasa 29/12/15 pukul 09.00 sampai selesai.

Kedua, Doa Kebangsaan dan Sarasehan Keluarga Besar PMII Rayon Abdurrahman Wahid. Acara ini akan dimulai dengan Pembacaan Maulid Diba’ serta Tahlil, dilanjutkan dengan sarasehan dengan alumni dan senior PMII menghadirkan Abdurrahman Wahid. Diantaranya yaitu Dr.Raharjo,Mt.Ed sebagai Dekan FITK, Dr. Ruswan sebagai Dekan Fakultas Saintek, dan Dr. Darmuin sebagai Dekan FISIP, ketua-ketua lembaga intra terpilih dalam Pemilwa 2015 dan Senior PMII Abrurrahman Wahid lintas generasi yang tergabung dalam Jaringan Alumni Muda (JAM) PMII Rayon Abdurrahman Wahid. acara ini akan berlangsung di Aula Q kampus II UIN Walisongo pada hari Selasa (29/12/15) pukul 18.30 WIB.

Ketiga, lomba penulisan artikel dengan tema “Negara Pancasila dan Bangkitnya Gerakan Keagamaan”. Lomba ini untuk mahasiswa se-Indonesia yang berlangung sejal ahir Oktober hingga 18 Desember 2015. Adapun juri dari lomba ini adalah Dr. Teddi Kholiludin, M.Si alumni UIN Walisongo dan UKSW Salatiga  yang sekarang juga menjabat sebagai direktur eLSA Semarang, Amin Suroso, M.Pd.I selaku Dewan Pembina PMII Rayon Abdurrahman Wahid, dan Teguh Wibowo, M.Si sebagai Dewan pembina LkaP. Dari 20 karya terbaik yang terseleksi, nanti akan dibukukan menjadi sebuah antologi/bunga rampai. (Riadhotul Liana/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)