Ratusan Ansor Probolinggo Shalat Istisqo

Probolinggo,
Ratusan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo, Kamis (29/10) pagi melakukan sholat Istisqo di halaman Pendopo Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muhlis.

Muchlis mengatakan sholat Istisqo ini merupakan salah satu upaya GP Ansor untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Dengan turunnya hujan, maka musibah asap di Riau dan sekitarnya dapat segera dipadamkan.

“Setidaknya nantinya kabut asap akan berakhir jika sudah turun hujan. Apalagi sudah banyak dampak yang diakibatkan oleh kabut asap yang sudah melanda sebagian besar wilayah Indonesia,” ujarnya.

Menurut Muchlis, kegiatan ini merupakan upaya dalam menindaklanjuti imbauan dari Pimpinan Pusat GP Ansor terhadap bencana asap. Dimana seluruh pengurus GP Ansor diminta untuk turut serta mengajak masyarakat menyikapi kebakaran lahan dan hutan dengan hati dan kepala dingin serta bersikap proporsional dan jangan sampai disibukkan untuk saling menyalahkan dan mendiskreditkan pihak-pihak tertentu.

“Jika pun memang ada yang bersalah, kami meminta dan serahkan sepenuhnya penanganannya kepada aparat keamanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya membacakan imbauan Pimpinan Pusat GP Ansor.

Melalui kegiatan sholat Istisqo ini Muchlis mengharapkan agar seluruh pengurus GP Ansor di Kabupaten Probolinggo memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab atas musibah kebakaran lahan dan hutan yang menyebabkan kabut asap di hampir seluruh Indonesia ini.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, para pengurus GP Ansor bisa bersama-sama saling bahu-membahu bisa ikut membantu meringankan musibah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Meskipun tidak turun langsung, setidaknya bisa membantu lewat panjatan doa dengan harapann dapat dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Syamsul Akbar)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: