Rekor UIM: Bangun Bangsa dengan Sastra Islam

Makassar,
Forum Lingkar Pena mengadakan seminar dan workshop Kepenulisan Sastra dalam Perkembangan Islam dalam rangka soft opening Festival Sastra Islam Nasional 2015 yang bertempat di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Selasa (6/10).

Rektor UIM Dr Majdah M Zain sebagai keynote speaker mengungkapkan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum perbaikan bangsa ke depan lebih baik dan tidak jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam kesempatan itu, ia banyak menyinggung sastra dan kebangkitan Islam dewasa ini. Menurutnya Islam sangat menjunjung nilai-nilai keindahan, keramahan dan tentunya dari nilai itu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menghasilkan wajah Islam yang ramah, damai, dan indah.

Ia menjelaskan dewasa ini berbagai bangsa berlomba-lomba menjadi adidaya. Dahulu kawasan Timur Tengah menjadi sumber peradaban dunia, kemudian Amerika Serikat. Saat ini kemajuan peradaban dunia berada di Asia yakni Jepang dan Korea, sekarang pertanyaannya adalah mengapa kemajuan peradaban tak kunjung datang pada bangsa Indonesia, padahal Indonesia dikenal sebagai negara Muslim terbesar dan memiliki Al-Qur’an sebagai petunjuk.

“Mulailah dari diri kita masing-masing dan orang terdekat untuk membangun bangsa besar ini,” tandasnya.

“Maka jadikanlah nilai-nilai sastra dan filsafat untuk memajukan peradaban dunia serta mendidik jiwa manusia melalui nilai-nilai sastra yang sangat menyentuh jiwa,”  tambahnya.

Kegiatan ini didukung oleh Universitas Islam Makassar, Sekolah Islam Athirah, Yayasan Kalla, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sulawesi Selatan. (Andy Muhammad Idris/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: