Ribuan Guru Sambut Muktamar NU dengan Apel Kesetiaan

Surabaya, Pelaksanaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang sebentar lagi digelar. Untuk menyambut permusyawaratan tertinggi di NU tersebut, ribuan guru se-Jawa Timur akan mengikuti apel kesetiaan di alun-alun Jombang, Kamis (4/6) mendatang.

“Kegiatan ini kami namakan dengan ‘apel kesetiaan guru Lembaga Pendidikan Ma’arif NU’,” kata Nur Kholis, Ahad (31/5) petang. Panitia devisi komunikasi dan informasi ini mengemukakan bahwa mayoritas peserta, yakni utusan dari berbagai kota dan kabupaten se-Jawa Timur, sudah memastikan untuk hadir. Bahkan PC LP Ma’arif NU Jombang selaku tuan rumah memastikan akan menyiapkan tiga ribu guru.

Nur Kholis juga mengemukakan bahwa kegiatan sebagai upaya semakin mengenalkan hajatan Muktamar NU yang akan dilangsungkan di Jombang awal Agustus mendatang. “Para utusan guru dari seluruh Jawa Timur tentu akan menyampaikan kepada pimpinan lembaga pendidikan setempat bahwa dari tanggal 1 hingga 5 Agustus akan ada Muktamar ke-33 NU di kota ini,” ungkapnya.

Dengan apel kesetiaan ini diharapkan kabar muktamar semakin terdengar luar khususnya di Jawa Timur. “Demikian juga bagi Jombang sebagai tuan rumah, maka kehadiran guru-guru se-Jawa Timur dapat menambah kepercayaan diri sekaligus persiapan diri sehingga menjadi penyelenggara yang baik,” katanya.

Dalam pandangan Ketua PC LP Ma’arif NU Jombang, KH Salmanuddin bahwa kegiatan ini sebagai pengukuhan sekaligus menunjukkan kepada khalayak bahwa NU adalah organisasi terbesar tidak hanya di tanah air, bahkan di seantero dunia.

“Dengan kehadiran ribuan guru dalam apel kesetiaan ini membawa pesan bahwa NU sangat serius mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tidak semata memiliki kemampuan pengetahuan serta kecakapan, juga komitmen kepada keindonesiaan dan keislaman,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang ini mengatakan bahwa apa yang dilakukan tersebut juga meneguhkan komitmen para guru NU terhadap mabadi’ khaira ummah (dasar-dasar umat terbaik) lewat penyediaan dan pengelolaan lembaga pendidikan yang berkualitas.

“Menyiapkan lembaga dan mengelolalanya secara baik adalah tugas berat dagi guru NU, namun dengan semangat mengabdi kepada agama dan bangsa, maka segala upaya dilakukan demi mencapai tujuan mulia tersebut,” kata Salmanuddin.

Pada kegiatan ini, akan juga dilakukan ikrar kesetiaan guru yang berada di bawah koordinasi LP Ma’arif NU. Dan H Saifullah Yusuf selaku Wakil Gubernur Jatim akan menjadi inspektur upacara pada kegiatan ini.

“Karena itu agar kegiatan apel kesetiaan berjalan sesuai harapan, kami melakukan berbagai persiapan dan mengundang anggota Kodim untuk mendidik para petugas upacara,” kata Nur Kholis menimpali. (Syaifullah/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: