Ribuan Jamaah Shalat Idul Adha di Pendopo Pringsewu

Pringsewu,
Mengambil tempat di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Pringsewu melaksanakan shalat Idul Adha 1436 H, Kamis (24/09/15). 

Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan jamaah yang ada di Kabupaten Pringsewu. Nampak hadir pula pada kegiatan tersebut Camat Pringsewu Nang Abidin yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Bupati.

Dalam sambutannya Bupati menyatakan pentingnya berkurban sebagai wujud untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

“Kurban juga adalah manifestasi cinta kepada sang pencipta,” jelasnya. “Jadikan kurban juga sebagai momentum kepedulian sosial, rela berkorban untuk membangun pringsewu bersenyum manis,” tambah Bupati.

Sementara itu dalam khutbah Idul Adha 1436 H nya, KH Mahfudz Ali mengajak kepada para jamaah untuk sejenak menghentikan ingatan kepada hal hal yang serba materi. Ia mengajak kepada jamaah untuk merenungi diri untuk memperoleh pengalaman ruhaniyah.

“Marilah kita renungkan demonstrasi ketulusan berkorban Nabi Ibrahim sebagai suri tauladan yang berharga. Ibrahim mengekspresikan kebijakan kembali ketaatannya Kepada Allah dengan mengorbankan putra kesayangannya Nabi Ismail,” terangnya.

Menurut KH Mahfud Ali yang merupakan Ketua PCNU periode 2009-2014, kesadaran, keikhlasan yang lahir dari keimanan yang mendalam adalah merupakan dasar dari kesediaan untuk berkurban yang dituntut dari diri sendiri.

Kiai Mahfudz menambahkan seringan apapun perintah agama jika kadar iman dan taqwa telah memudar dalam diri maka yang ringan akan berat. 

“Justru terasa ringan mengeluarkan uang ratusan juta rupiah, demi Alat alat hiburan dan kendaraan,” katanya. (M Faizin/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: