Ribuan Santri di Banjar Gelar Upacara 1 Muharam

Banjar,
Ribuan santri dan siswa di bawah naungan pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar, mengikuti upacara peringatan 1 Muharram 1437 hijriyah Di lapang Al-Azhar, Citangkolo, Kota Banjar, Rabu (14/10). Usai upacara, mereka bergerak melakukan konvoi dengan membawa identitas lembaga sekolah masing-masing.

Arak-arakan rombongan diiringi dengan gema sholawat yang menggemuruh beserta grup Marcing band yang memadati sepanjang jalan menuju lapangan Al-Azhar.

Menurut pihak pesantren Al-Azhar, kegiatan ini dimaksudkan untuk memupuk jiwa santri agar lebih nasionalis dan agamis. “Kita rayakan tahun baru Islam dengan upacara bendera. Tujuanya agar seluruh santri cinta agama dan negara,” tegas pengurus pesantren Amiroh.

Pemimpin upacara KH Muslih Abdurrahim mengajak seluruh santri untuk menghormati agama dan negara. “Pada awal tahun baru Islam ini, kita berdo’a untuk umat Islam khususnya di Indonesia. Kecintaan kita terhadap agama dan negara harus seimbang,” sambut Kiai Muslih.

Acara berlangsung khidmat walaupun seluruh santri tepat berada di bawah terik matahari. Kegiatan usai pada pukul 11.00. Seluruh peserta upacara kembali ke asrama masing-masing. (Muhafidz/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: