Rumah Sakit NU Sidoarjo Bentuk Komunitas Senam Diabetes

Sidoarjo, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo membentuk klub atau komunitas senam diabetes sebagai sarana mempererat hubungan pasien diabetes juga masyarakat secara umum dengan pihak rumah sakit NU ini. Mereka mengadakan senam setiap hari Sabtu di minggu keempat.

Sabtu (28/11), puluhan pasien dan masyarakat umum melakukan senam diabetes di halaman RSI Siti Hajar Sidoarjo. Senam diabetes tersebut dimaksudkan untuk menjaga kualitas hidup lebih baik. Selain itu, sebagai upaya penanganan pada pasien diabetes yang sekaligus juga pencegahan terjadinya komplikasi adalah teraturnya pasien diabetes dalam melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

“Dengan berolahraga diharapkan terjaganya kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, dan memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga dapat memperbaiki kadar gula dalam darah,” kata kepala marketing RSI Siti Hajar, Riza Ahmadi Thohir, Sabtu (28/11).

Senam bagi pasien diabetes memiliki banyak manfaat. Senam sangat disarankan bagi pasien diabetes karena selain mampu untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh, juga dianggap mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah, sel-sel pada otot akan bekerja lebih keras sehingga tentunya akan lebih membutuhkan kadar gula dan oksigen untuk dibakar menjadi energi.

Riza menambahkan, senam diabetes tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan diabetes. Akan tetapi, senam diabetes juga bisa dilakukan oleh orang yang belum terkena diabetes. Tujuannya, untuk mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut. (Moh Kholidun/Mahbib)

 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: