Safari Ramadhan, Ajang Sosialisasi Program NU dan Pemerintah

Jombang, Safari Ramadahn jamak dilakukan berbagai kalangan baik instansi pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan seperti Jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Kegiatan tarawih keliling antar masjid dan musholla menjadi ajang sosialisasi program pemerintah maupun kegiatan sosial NU.

Hal ini seperti yang dilakukan MWCNU Tembelang Jombang bersama jajaran Muspika setempat. Dalam kegaiatan safari Ramadan ini, pemerintah kecamatan meminta masyarakat untuk segera menuntaskan perekaman e-KTP atau kartu penduduk elektronik.

Ketua tanfidziah MWCNU Tembelang M Mahmud mengatakan, bahwa kegiatan safari Ramadhan bersama Camat, Danramil dan Kapolsek sudah menjadi agenda tahunan. Hal ini dilakukan untuk menjalin silaturrahmi dan sosialisasi berbagai program, baik pemerintahan maupun NU sendiri. 

“Seperti sekarang ini, NU mememiliki kegiatan operasi katarak bagi masyarakat tak mampu yang bakal di gelar di RSNU. Silahkan bagi keluarga maupun tetangga yang menginginkan ikut operasi mendaftarkan, gratis,” terangnya, Kamis (25/6).

Mahmud menambahakan, pada kegiatan sosial NU berupa operasi katarak untuk warga Jombang disediakan sebanyak 2000 orang. Dan semuanya nanti informasinya dibiayai dari perusahaan Jamu Sidomuncul. “Mumpung ada kesempatan, bisa melalui pengurus ranting yang ada di masing-masing desa,” ujar mantan kepala Desa ini menambahkan.

Dikatakan Mahmud, bahwa NU memiliki banyak program sosial keagamaan untuk membantu jamaahnya. Salah satunya adalah terkait sertifikasi tanah wakaf. “Kebetulan Masjid Darussalam ini tanah wakafnya sudah di wakafkan melalui NU, dan Alhamdulillah sertifikatnya sudah selesai,” ujarnya menambahakan.

Disamping menyampaikan program untuk kepentingan masyarakat, dalam Safari Ramadhan kemarin, NU juga membagi-bagikan mushaf untuk masjid. “Mushaf ini diwakafkan untuk masjid, harapannya bisa lebih manfaat bisa digunakan jamaah,” tandas KH Taufiq Djalil Wakil Ketua PCNU Jombang yang ikut dalam kegiatan Safari. (Muslim Abdurrahman/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: