Sambut Hari Santri, PCNU Pringsewu Gelar Kegiatan Berbasis Santri

Pringsewu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten (PCNU) Pringsewu segera bergerak menyikapi surat edaran dari PBNU mengenai imbauan untuk menyambut Penetapan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2015 mendatang.

Ditemui di sela-sela Perkemahan Ma’arif di Gedung NU Pringsewu, Sabtu (10/10) Ketua PCNU Pringsewu H Taufiqurrahim mengatakan, berbagai macam kegiatan sudah disiapkan dan akan dilaksanakan untuk moment besar dan bersejarah tersebut.

“Kami akan mengadakan kegiatan-kegiatan berbasis santri dan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang serta membangkitkan kembali semangat perjuangan para santri syuhada yang telah merelakan jiwa dan raganya bagi kemerdekaan Indonesia,” katanya

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan Bakti Sosial dan donor darah di beberapa Pondok Pesantren yang akan menggandeng Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pusat. Kegiatan lain yang sedang dipersiapkan adalah Pelatihan Falakiyah bagi para Santri Pondok Pesantren.

“Dalam Pelatihan Falakiyah ini para santri akan diberikan teori dan praktik bagaimana mengukur arah kiblat, menghitung jadwal waktu shalat dan hal hal lain yang berkaitan dengan ilmu falaq,” jelasnya.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan acara Pringsewu Bershalawat yang akan di pusatkan di Gedung NU Kabupaten Pringsewu. “Pada kegiatan tersebut, kami akan mendatangkan Grup Shalawat yang ada di Pondok Pondok pesantren untuk berkolaborasi mengumandangkan shalawat bersama,” jelasnya.

Kegiatan Pringsewu Bersholawat juga akan dirangkai dengan Pelantikan Rijalul Ansor Kabupaten Pringsewu dan Santunan bagi anak yatim dan para Dhuafa. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: