Sambut Muktamar ke-33 NU, GP Ansor Jombang Gelar Kirab Budaya

Jombang. NU Online
Menyambut Muktamar ke-33 NU, GP Ansor dan seluruh badan otonom NU Jombang, menampilkan sejumlah bentuk kesenian di beberapa ruas jalan di Jombang, Sabtu (25/7). Tampak hadir dalam arak-arakan kirab budaya yang diawali di alun-alun Jombang ini Bupati Jombang Nyono Suharli, Wabupnya Hj Mundjidah Wahab serta pimpinan DPRD.

Berbagai kesenian ditampilkan mulai dari seni hadrah, jaranan, musik patrol hingga grup drumben Ansor. Tidak ketinggalan kesenian warga Tiong Hoa seperti barongsai dan wayang potehi. Semuanya ikut memeriahkan kirab bersama Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU-IPPNU, serta kalangan pesantren.

Rombongan kirab diawali oleh Ketua GP Ansor Zulfikar D Ikhwanto yang mengendarai Jeep terbuka lalu disusul rombongan bupati dan jajaran Fropimda yang menumpang kendaraan dokar bersama pimpinan DPRD. Di belakang rombongan Bupati Nyono dan Ketua DPRD alunan grup drumben diikuti ratusan pasukan barisan Banser membawa spanduk bertuliskan “Sukseskan Muktamar ke-33 NU.”

Tak ayal, kegiatan kirab budaya menyongsong Muktamar ke-33 NU di kota santri ini menjadi perhatian masyarakat umum. Sepanjang jalan KH Wahid Hasyim hingga Jalan Gus Dur, masyarakat berderet menyaksikan seni budaya yang ditunjukkan.

“Sengaja kita menampilkan seni budaya asli Nusantara pada kegiatan kirab ini untuk menyambut kegiatan Muktamar ke-33 NU di Jombang,” ujar Ketua GP Ansor Jombang Zulfikar.

Kirab ini menjadi ajang sosialisasi bahwa di kota santri akan digelar kegiatan besar yakni muktamar ke 33 NU yang akan dihadiri ribuan peserta dan juga tamu undangan dari seluruh penjuru Nusantara.

“Kita mengajak masyarakat Jombang menyambut mereka dan menjadi tuan rumah yang ramah. Karena, tamu-tamu datang dari berbagai penjuru Indonesia dan mancanegara” imbuhnya.

Kirab budaya berakhir di Stadion Merdeka Jombang dan ditutup dengan kegiatan pembukaan pameran bazar rakyat oleh Bupati Nyono.

Alhamdulillah antusias masyarakat menyambut Muktamar NU sangat tinggi. Dan di sini pemkab bersama panitia Muktamar juga meramaikan dengan digelarnya pamaran potensi Jombang yang dimulai sejak hari ini 25 Juli hingga 5 Agustus 2015 mendatang,” ujar Bupati Jombang seraya membuka pameran. (Muslim Abdurrahman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: