Segera Diluncurkan, Buku Kajian Tafsir atas Keabsahan Yahudi-Nasrani

Jakarta, Sa’dullah, kader NU asal Cirebon menulis buku “Menyoal Status Agama-agama Pra-Islam: Kajian Tafsr Al-Qur’an atas Keabsahan Agama Yahudi dan Nasrani Setelah Kedatangan Islam”. Hasil disertasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu akan diluncurkan Kamis (28/5) besok, dihadiri sejumlah tokoh antara lain KH Said Aqil Siroj, Ulil Abshar-Abdalla, Franz Magnis Suseno dan Muhlis Hanafi.

Peluncuran dan bedah buku terbitan MIZAN itu akan diadakan di Hotel Bintang, Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat, Kamis (28/5) mulai pukul 13.00 WIB serta terbuka untuk umum.

Menurut Sa’dullah, buku yang ditulisnya merupakan jembatan dialog bagi kerukunan umat beragama agar terhindar dari sikap mencela atas keyakinan agama lain. Sejatinya masing-masing agama mempunyai tempat tersendiri di hadapan Tuhan, katanya.

“Kami menghadirkan tokoh lintas agama, intelektual muslim, pakar tafsir, yang akan membedah dan mengkritisinya sesuai keahlian mereka yang akan mengantarkan para audiens pada pemahaman yang sempurna dan mencerahkan, khususnya para pecinta kedamaian dan kerukunan antar iman,” katanya

Sa’dun, panggilan akrab Sa’dullah, sudah siap jika buku yang ditulisnya itu akan memicu kontroversi. Dikatakan, dirinya telah mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya itu secara ilmiah.

“Buku tersebut adalah buku serius, karya ilmiah doktoral yang sudah melalui proses akademik yang panjang dan melelahkan. Puluhan guru besar UIN Syarif Hidayatullah Ciputat dalam berbagai bidang disiplin keilmuan turut mengkritisi, menguji bahkan membantainya. Walaupun begitu buku tersebut belum sempurna dan tidak ada apa-apanya adanya kritik dan masukan dari para pembaca,” ujarnya. (Red: Anam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: