Sejumlah Kitab Kuning Mulai Banyak Dipalsukan!

SURABAYA – Banyak kitab kuning yang telah dibajak dan beredar dipasaran saat ini. Warga NU, khususnya para santri dan ustadz hendaknya lebih berhati-hati lagi saat membaca dan menjadikan kitab kuning dalam memberikan pengantar kajian di pesantren dan pengajian pada umumnya.

Hal ini disampaikan oleh Kyai Ahmad Najid, Ketua Lajnah Talif wan Nasyr NU Jawa Timur. Beberapa kitab kuning yang selama ini populer dikalangan santri sudah banyak dibajak oleh percetakan-percetakan yang tidak jelas hanya untuk mendapat keuntungan. Masuknya sejumlah percetakan yang tidak jelas dalam pasar kitab kuning dikhawatirkan bisa membuat orisinalitas karya para ulama yang selama ini jadi rujukan menjadi rusak.

Contoh nyata dari aksi ini adalah aksi pembajakan terhadap karya Syech Mahfudz Termas pada karyanya Minhaj Dzawin Nadzor yang terlanjur beredar ke pasaran dan ditemui banyak sekali kesalahan cetak yang tidak wajar. Kasus lain juga menimpa karya KH Ahmad Qusyairi Siddiq yang menulis Tanwiful Hija fi Nadzmi Safinatun Najah.

Pembajakan ini tidak lain karena efek kurang sadarnya pengetahuan para ulama dan santrinya soal HAKI dan keikhlasan para kiai yang dimanfaatkan oleh industri percetakan tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, LTN NU Jawa Timur sedang berupaya mengejar sejumlah percetakan dan memberikan pengetahuan soal HAKI kepada pesantren NU semaksimal mungkin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: