Seminar Internasional Pra-Muktamar Angkat Tema Islam Nusantara

Surabaya, Awal Juli (1/7) Panitia Daerah (Panda) Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama kembali mengadakan kegiatan Pra-Muktamar. Kegiataan ini berbeda dengan yang sebelumnya. Panda menggelar seminar internasional bekerja sama dengan Kompas dan UIN Sunan Ampel. Seminar yang kembali mengangkat tema NU dan Islam Nusantara ini digelar di GreenSA di Jalan Juanda, Surabaya.

Hadir dalam seminar itu, Ketua Panitia Daerah, H Syaifullah Yusuf yang didampingi Sekertaris Panda H Thoriqul Haq. Ketua PWNU Jatim, KH Hasan Mutawakkil Alallah didampingi sekertaris PWNU Jatim yang sekaligus ketua Panitia acara seminar Internasional. Dari Cabang juga terlihat PCNU Lumajang, PCNU Bondowoso, PCNU Surabaya dan beberapa mahasiswa UIN Sunan Ampel.

Dalam sambutannya Ketua PWNU Jatim mengatakan Islam Nusantara adalah Islam yang harus kita suarakan bersama. Islam di Indonesia ini diharapkan membersihkan nama Islam yang telah dinodai oleh darah (ISIS). “Islam Nusantara saat ini menjadi harapan Islam dunia. Islam di dunia telah menunggu Islam Nusantara,” lanjutnya.

Gus Ipul menyampaikan lslam Nusantara akan menjadi kiblat beradaban Islam dunia. “Negeri Islam di timur tengah tidak sama sekali menunjukkan islam yang sesungguhnya, Islam yang ramah hanya ada di Indonesia, itulah Islam Nusantara yang digagas oleh Nahdlatul Ulama warisan wali songo,” jelas Gus Ipul sebelum membuka acara seminat Internasional.

Prof Dr H Abdul A’la, MA sebagai tuan rumah juga menjadi narasumber, didampingi dosen UIN Sunan Ampel, Imam Ghozali. Sedangkan narasumber dari luar negeri, Prof Greg Barton pengamat NU dari Australia. (Rofi’i Boenawi/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: