Sepanjang Perjalanan, Ziarahi Makam dan Sowan Kiai

Kudus, NU Online
Rombongan Kirab Hari Santri Nasional dan Resolusi Jihad telah sampai memasuki Kota Kudus, Jawa Tengah, Senin (19/10) malam. Dari arah Pati, mereka disambut ratusan anggota Banser, CBP IPNU dan KKP IPPNU, santri serta pengurus PCNU di perbatasan kota Pati- Kudus di desa Gindoharum, Jekulo, Kudus. Kemudian mereka mengiringi  hingga perbatasan Kota Kudus-Demak.

Sebelum melanjutkan perjalanan, rombongan yang dipimpin Koordinator Nasional Kirab Resolusi Jihad  Aizuddin Abdurrahman terlebih dahulu meziarahi makam pendiri NU KHR Asnawi dan Sunan Kudus di kompleks Makam-Masjid Menara Kudus. Saat tiba di Menara,  acara diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih dan NU dari ketua rombongan kepada ketua PCNU Kudus, H Abdul Hadi.

Di makam KHR. Asnawi, mereka membaca tahlil dan doa dengan pimpinan KH Masfu’i, pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU Kudus. Kemudian mereka membaca Ikrar Santri yang dipimpin Aizudin Abdurrahman.

Aizudin atau akrab disapa Gus Aiz menjelaskan, kirab resolusi jihad ini telah menempuh perjalanan sejak Ahad (18/10) dari Tugu Pahlawan Surabaya, melewati 30 kabupaten/kota hingga finish nanti di Tugu Proklamasi Jakarta. Di beberapa daerah yang dilewati, pihaknya selalu melakukan ziarah  ke makam wali dan ulama serta sowan ke sejumlah kiai NU.

“Sebelum sampai Kudus, kita sowan ke Mbah Maemun Zubair, KH.Musthofa Bisri (Rembang) dan ziarah ke makam Mbah Mutamakin Kajen dan KH Sahal Mahfudz (Kajen, Pati),” terang Gus Aiz kepada awak media.
 
Ia mengatakan, 70 tahun lalu para ulama NU mengobarkan jihad melawan penjajah guna mempertahankan kemerdekaan NKRI. Karenanya, kegiatan kirab ini dimaksudkan untuk meneladani spiritualitas dan semangat perjuangan untuk mengisi Hari Santri 22 oktober.

“KHR Asnawi ini sebagai salah satu menjadi tokoh pendiri NU yang ikut berperan mengobarkan semangat resolusi jihad melawan penjajah. Kita ziarahi sekaligus meneladani spirit perjuangannya,”imbuhnya.

Usai dari Kudus, rombonga melanjutkan perjalanan menuju Demak. Di perbatasan Kudus Demak tepatnya Desa Tanggulangin Kudus, puluhan mobil rombongan menyambut dan mengiringi kirab nasional yang akan transit istirahat di kota wali Demak Jawa Tengah. (Qomarul Adib/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: