Seribu Guru TPQ di Pati Dibekali Metode Yanbu’a

Pati, Pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’a Qur’an  KH. Ulin Nuha Arwani dan KH. Ulil Albab Arwani Kudus membekali para Ustadz/ustadzah dengan metodologi baca tulis Al-qur’an metode Yanbu’a di Pesantren Maslakul Huda Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rabu (19/8).

Pembekalan metodologi Yanbu’a dihadiri lebih dari seribu peserta dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Pati. Mereka adalah para guru TPQ (taman pendidikan al-Qur’an) metode Yanbu’a setempat. Acara ini merupakan bentuk kerja sama antara Laj’nah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Kabupaten dan LMY kecamatan dalam rangka halal bihalal dan penyegaran dalam metodologi Yanbu’a.

Ustadz Taqiyyudin selaku panitia penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk pemantapan dalam memahami dan membaca Al-qur’an dengan metode Yanbu’a agar dalam membaca Al-qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid, gharib dan sesuai dengan bacaanya.

“Selain itu,  dalam aplikasi di lapangan para ustadz/ustadzah bisa menerapkan sesuai dengan  petunjuk dan pedoman yang ada di kitab Yanbu’a,” tambah Ustadz taqiyyudin.

Menurut KH Ulin Nuha Arwani berharap para peserta yang hadir bisa istiqomah dalam membaca Al-Qur’an dan kapan pun dan di mana pun. Hal senada juga diungkapkan KH Ulil Albab Arwani.

“Seseorang katakanlah hanya membaca satu huruf saja, maka orang tersebut tidak akan rugi dalam membaca meski satu huruf, karena Allah akan janjikan dan melipat gandakan  pahala bagi orang  yang membacanya,” ungkap adik kandung KH Ulin Nuha ini.

Menurut KH Zaki Fuad selaku ketua LMY Kabupaten Pati, di Kabupaten Pati semangat mempelajari al-Quran tergolong masih kurang. Dengan kegiatan ini ia berharap anak-anak makin tertarik untuk membaca, menghafal, dan mempelajari Al-Qur’an. (Red: Mahbib)
 
 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)