Siapa Paling Dekat dengan Tuhan?

Tokoh agama Islam, Kristen, dan Budha sedang berdebat. Gus Dur tentu sebagai wakil dari agama Islam. Kala itu diperdebatkan mengenai agama mana yang paling dekat dengan Tuhan ?

Seorang biksu Budha menjawab duluan. “Agama sayalah yang paling dekat dengan Tuhan, karena setiap kita beribadah ketika memanggil Tuhan kita mengucapkan ‘Om’. Nah kalian tahu sendiri kan seberapa dekat antara paman dengan keponakannya?”

Seorang pendeta dari agama Kristen menyangkal.“Ya tidak bisa, pasti agama saya yang lebih dekat dengan Tuhan.” ujar pendeta

“Lah kok bisa ?” sahut biksu penasaran.

“Kenapa tidak,agama anda kalau memanggil Tuhan hanya om, kalau di agama saya memanggil tuhan itu ‘Bapa’ Nah kalian tahu sendiri kan lebih dekat mana anak sama bapaknya daripada keponakan dengan pamannya,” jawab pendeta.

Gus Dur yang belum mengeluarkan argumen masih tetap tertawa malah terbahak-bahak setelah mendengar argumen dari pendeta.

“Loh kenapa anda kok tertawa terus?” tanya pendeta penasaran.

“Apa anda merasa bahwa agama anda lebih dekat dengan tuhan?” sahut biksu bertanya pada Gus Dur.

Gus Dur masih saja tertawa sambil mengatakan “Ndak kok, saya ndak bilang gitu, boro-boro dekat  justru agama saya malah paling jauh sendiri dengan Tuhan.” jawab Gus Dur dengan masih tertawa.

“Lah kok bisa ?” tanya pendeta dan biksu makin penasaran.

“ Lah gimana tidak, lah wong kalau di agama saya itu kalau memanggil Tuhan saja harus memakai Toa (pengeras suara),” jawab Gus Dur.

 

Ahmad Lailatus Sibyan, santri asal Jawa Tengah, tinggal di Yogyakarta

                                <div class="tanggal">Jumat, 20/03/2015 01:22
                                <b>Nama: Warta Nusantara</b><br />
                                Fakta<br />
                                Fakta yang ada memang demikian


                                <div class="tanggal">Kamis, 19/03/2015 08:17
                                <b>Nama: zulkiflishollah</b><br />
                                mantaap<br />
                                salam Assalamualaikum wr.wb.


                                <div class="tanggal">Rabu, 18/03/2015 22:16
                                <b>Nama: nandi</b><br />
                                mantap gus<br />
                                karena tuhan ada  di hati kami ga perlu pengeras suara atau mulut yang berkata ataupun jubah yang mahal


                                <div class="tanggal">Rabu, 18/03/2015 20:33
                                <b>Nama: el.kholid</b><br />
                                Humor gusdur kayak ngawur tapi buenerr<br />
                                HKkhkk, Masya Allah...

orang ini udah wafat aja masih bisa bikin kita ketawa, Allahummaghfirlahu warhamhu…

                                <div class="tanggal">Rabu, 18/03/2015 20:01
                                <b>Nama: ORang</b><br />
                                .<br />
                                Pak gus dur ni kalau ikut stand up comedy, bisa menang tok.


                                <div class="tanggal">Rabu, 18/03/2015 19:34
                                <b>Nama: satriya</b><br />
                                hai<br />
                                yang ngatain gud dur dongo tu mungkin lebih dongo hahaha udah berprean apa buat bangsa ini sih hehehe orang islam manggil tuhan nya dengan kata allah . lebih dekat dari pada sama om dan sama bapanya . walau gusdur nyindir hehehe


                                <div class="tanggal">Rabu, 18/03/2015 17:54
                                <b>Nama: william</b><br />
                                emang benar???<br />
                                Ini Emang benar kalau alm GusDur pernah membuat lelucon begituan??? lucu juga ya... sekedar humor

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: