Sikapi Pilkada, NU Jember Keluarkan Panduan

Jember, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember menggelar rapat gabungan yang dihadiri pimpinan syuriyah dan tanfidziyah di ruang sidang kantor NU setempat, Senin (31/8). Rapat ini menelurkan beberapa putusan sebagai pegangan bagi warga NU dalam menjelang Pilkada Jember 9 Desember mendatang.

“Intinya ini pegangan bagi warga NU dalam menghadapi Pilkada nanti,” kata Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin kepada NU Online usai rapat.

Beberapa poin yang diputuskan dalam rapat ini secara umum berisi imbauan agar warga NU memilih Cabub-Cawabup yang visi-misi, perilaku, dan ideologinya tidak bertentangan dengan NU.

Sedangkan bagi warga atau tokoh NU yang menjadi pendukung salah satu calon, diharapkan  tidak membawa-bawa nama NU secara kelembagaan.

“Point ini penting, karena  secara kelembagaan NU Jember tetap netral dalam menghadapi Pilkada nanti. Karena itu, siapapun warga atau pengurus NU, tidak boleh membawa-bawa nama NU dalam memberikan dukungan kepada salah satu calon,” jelasnya.

Pernyataan sikap ini sekaligus menepis rumor yang belakangan berkembang bahwa PCNU Jember mendukung salah satu calon. Sebab, saat pendaftaran Cabub-Cawabup di Kantor KPUD Jember beberapa waktu lalu, mobil PCNU Jember sempat terlibat dalam konvoi iring-iringan  salah satu Cabup.

Selain menyatakan NU Jember netral dan dua imbauan seperti itu, ada beberapa imbauan lainnya yang sifatnya normatif. (Aryudi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)