Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raih Juara Internasional Bidang Matematika

Malang, NU Online
Prestasi Internasional kembali diraih oleh siswa-siswi madrasah. Kini giliran siswi MIN 1 Malang  Jawa Timur yang mendapatkan prestasi. Maritza Gantari (mengenakan kerudung biru tua), siswi kelas 6 ini meraih medali perunggu Matematika pada International Mathematic and Science Olimpiad (IMSO) for Primary School di Pathumthani-Thailand, 1 – 7 November 2015. 

Anak pasangan Makhrus dan Sulastri ini mendapatkan prestasi tersebut melalui perjuangan yang panjang, yakni seleksi dari tingkat kecamatan hingga nasional. Maritza mengikuti pembekalan olimpiade dan evaluasi yang dilakukan oleh MIN 1 Malang  dan juga Kemendikbud di Jakarta. Pada pembekalan tahap ke-5 bulan Oktober 2015, dipilihlah 12 peserta terbaik untuk mewakili Indonesia. Maritza Gantari adalah satu-satunya wakil Indonesia dari madrasah. Demikian dikutip dari situs kemanag.go.id.

“Hampir setiap hari, sebelum mengikuti olimpiade, saya belajar matametika 1 jam hingga  1.5 jam. Itu saya lakukan setelah mengikuti bimbingan di Madrasah,” ungkap Maritza, Kamis (19/11).

Saat kompetisi, Maritza harus menyelesaikan 25 soal isian dan 13 soal uraian pada hari pertama. Hari berikutnya harus menyelesaikan 6 soal eksplorasi dengan beragam percobaan. Dia merasa kesulitan justru di soal isian. 

Maritza merasa senang sekali, selain meraih medali dan mendapatkan piagam, dia juga bisa mengenal budaya negara lain dan mengetahui kemajuan negara Thailand. Red: Mukafi Niam

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: