SMK Bisri Syansuri Denanyar Miliki Laboratorium Ritel

Jombang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bisri Syansuri Denanyar Jombang, kini memiliki Laboratorium Ritel. Pembukaan lab ritel dilakukan Wakil gubernur Jatim, Syaifulah Yusuf disela sela persiapan Muktamar ke-33 NU.

SMK yang berada di lingkungan Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar ini membuka laboratorium ritel bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). “Saya memberikan apresiasi positif program Alfamart Class di SMK Bisri Syansuri. Karena hal itu bisa menambah skill pelajar,” ujar Wagub Syaifullah Yusuf.

Gus Ipul yang juga Ketua PBNU ini mengatakan, kedepan tantangan eknomi semakin besar, karenanya santri pesantren juga perlu mendapatkan tambahan ilmu ketrampilan dalam bidang usaha.

“Kalau di luar negeri hampir 70 persen pendidikannya mengajarkan ketrampilan atau life skill, karenanya santri juga harus diajarkan usaha,” jelasnya seraya mengatakan agar lulusan SMK yang sudah dibekali dengan keahlian khusus dan ketika lepas dari sekolah sudah siap untuk kerja.

Sementara itu, Hudiyono Kabid Menengah Kejuruan dan Perti Dinas Pendidikan Provinsi Jatim mengatakan, di Jawa Timur, SMK yang memiliki laboratorium ritel sebanyak 5 lembaga.

“Salah satunya di Denanyar ini, kita menargetkan selama 2015 ini ada 50 lembaka SMK yang memiliki laboratorium Ritel, “ujarnya membeberkan.

Kerjasama lab ritel SMK dengan Alfamart dikatakannya, untuk memberikan ketrampilan siswa SMK dalam bidang usaha. Adapun sistem pengajarannya selama 2 tahun siswa menjalani proses belajar mengajar seperti biasa dan satu tahun magang. “Mereka akan magang dengan gaji sesuai UMR,” tandasnya.

Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Malang, Dwesti Suhascaryo mengatakan, Alfamart Class di SMK Bisri Syansuri merupakan yang pertama di Jombang dan ketiga di Jawa Timur setelah SMK PGRI 3 Malang serta SMKN 1 Geger Madiun.

Melalui program tersebut, lanjutnya, pihaknya ingin menumbuhkembangkan minat masyarakat terhadap dunia ritel melalui proses pembelajaran yang aplikatif. “Program ini juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan di bidang pendidikan. Tujuannya, menciptakan lulusan SMK yang siap bekerja sesuai kebutuhan yang disyaratkan oleh Alfamart,” katanya. (Muslim Abdurrahman/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)