SMK Cordova Panggungkan Produk Santri di Haul Mbah Mutamakkin

Jakarta,
SMK Cordova Pati menggelar “Cordova Expo 2015” selama tiga hari di kompleks SMK Cordova Kajen Pati, Senin-Rabu (19-21/10). Pelbagai kegiatan digelar di sini untuk memeriahkan Tahun Baru Hijriyah 1437 H, Haul Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen, serta penetapan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober.

Kegiatan ini meliputi pengobatan gratis, pasar murah, expo produk SMK Pesantren, perlombaan untuk anak-anak, workshop penulisan buku, workshop desain grafis, dan festival film pendek dan kontes modifikasi sepeda motor.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Az-Zahra Hajain KH Ahmad Zaki Fuad Abdullah membuka festival ini. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pati Sarpan meresmikan kegiatan akbar sekolah ini. Sedangkan istighosah bersama dipimpin oleh Habib Farid Assegaf dari Jepara.

Haul Syekh Ahmad Mutamakkin jatuh pada setiap 10 Muharram. Haul Mbah Mad merupakan even keagamaan dan budaya tahunan yang digelar di desa Kajen, Pati. Perhelatan Syuronan berpuncak pada prosesi penggantian kelambu makam Mbah Ahmad Mutamakkin. Perjuangan dakwahnya kini diteruskan oleh keturunannya seperti KH Abdullah Salam, KH MA Sahal Mahfud, Kajen, dan juga KH Zaki Fuad Abdullah yang merupakan keturunan kedelapan dari Mbah Ahmad Mutamakkin.

Kepsek M Niam Sutaman mengatakan, “Berkaitan dengan kegiatan meramaikan Hari Santri, SMK Cordova Pati sebagai sekolah kejuruan yang berbasis pesantren, ikut bergembira dan memberikan apresiasi atas pengesahan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri oleh Presiden RI.”

Menurut Niam, puncak kegiatan Cordova Expo yang rencananya jatuh pada malam 22 Oktober 2015 akan diisi dengan tahlil bersama dan dilanjutkan dengan pentas musik Balasyiq. (Red Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: