SMK NU Jogoroto Terapkan Pendidikan Berbasis Keterampilan Khusus

Jombang,
Sekolah Menengah Kejuruan Nahdhatul Ulama’ (SKM NU) kecamatan Jogoroto, kabupaten Jombang tengah mengupayakan siswa-siswanya agar memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Hal ini ditempuh oleh tenaga pendidik sekolah setempat dengan berbagai metode.

Kepala SMK NU Jogoroto Ali Makhrus mengatakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diterapkan di sekolah ini hendaknya berkaitan dengan cara menggali serta mengembangkan keterampilan peserta didik.

“Proses mendidiknya yang berkaitan dengan tata cara menggali akhlaq dan menumbuhkan softskill siswa,” katanya kepada saat dihubungi, Ahad (29/11) siang.

Makhrus sapaan akrabnya menjelaskan, softskill merupakan kemampuan khusus yang dimiliki para siswa meliputi beberapa sifat dan sikap terpuji. “Softskill ini ketika sudah terbentuk dengan baik, mereka akan memiliki sifat jujur, disiplin, komunikatif dan percaya diri, kerja sama, tekun, kemampuan bersaing dan sifat yang serupa,” terangnya.

Namun ia mengaku bahwa membentuk softskill siswa secara kolektif tidak mudah dan membutuhkan sikap konsistensi guru dalam menerapkan metode-metode yang dimiliki, selain itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya tenaga pengajar mampu menyesuaikan antara metode dan karakter masing-masing siswa. “Memang harus konsisten dan bisa membaca karakter masing-masing siswa,” ungkapnya.

Jika upaya ini bisa dicapai dengan sempurna, lanjut dia, lembaga pendidikan di Indonesia khususnya akan mengalami akselerasi perkembangan yang luar biasa. Semua peserta didik juga mampu berinteraksi dengan baik antarsesama dan di ranah pengetahuan mampu bersaing. (Syamsul/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: