SMPN 1 Bumi Agung Masukkan Aswaja dan Bela Negara

Waykanan, NU Online
Kehadiran bulan Ramadhan tidak disia-siakan oleh SMP Negeri 1 Bumi Agung, Way Kanan. Sekolah yang berada kurang lebih 5 KM ujung perbatasan Way Kanan Lampung dengan kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan, membahas materi Aswaja dan Bela Negara pada Pesantren Ramadhan di aula sekolah setempat.

Salah seorang guru yang juga pemateri dalam pesantren Ramadhan Susan Arisanti berharap, kegiatan ini dapat membentuk insan cendekia yang tawadhu dan moderat untuk Islam yang rahmah.

“Agama islam tumbuh dalam keselarasan sains dan spiritual. Dalam kegiatan ini, siswa tidak hanya diberi materi tentang Aswaja, ketauhidan, amalan Ramadhan, fiqih, akhlak, namun siswa juga diajak belajar membaca Quran yang benar,” kata Susan, Senin, (22/6).

Susan menambahkan, meskipun pesantren ramadhan ini singkat, pihak sekolah berharap menghasilkan sikap tawadhu di kalangan pelajar terhadap orang tua, guru, atau orang lain. Sebab, sikap tawadhu memengaruhi keberkahan sebuah ilmu.

“Setelah tawadhu, siswa diharapkan bersikap moderat guna menunjukkan Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Sehingga paham radikal yang mengancam kedaulatan NKRI bisa ditangkal sejak dini,” ujar aktivis Korps Putri PMII Sumatera Selatan itu.

Sementara siswi kelas 8 Devi mengatakan, pesantren Ramadhan sangat bermanfaat. Ia berharap kegiatan itu tidak berlangsung singkat. “Kalau bisa pesantren Ramadhan tahun depan waktunya diperpanjang, bisa lebih dari sepekan karena sangat bermanfaat bagi kami”. (Heri Amanudin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: