Soal Awal Ramadhan, GP Ansor Subang Imbau Masyarakat Tenang

Subang, NU Online
Penentuan awal Ramadhan selalu menjadi bahan polemik di tengah masyarakat. Ketua GP Ansor kabupaten Subang Asep Alamsyah Heridinata mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tenang dan tetap berpijak pada kekhusyu’an ibadah.

“Masyarakat tidak perlu pusing meributkan kapan penentuan awal Ramadhan. Kalaupun ada sebagian umat Islam yang mendahului puasa, masyarakat tak perlu resah,” ujar Asep saat ditemui di sekretariatnya jalan Darmodiharjo nomor 4, Sukamelang, Subang, Selasa  (16/6).

Menurut Asep, kalaupun ada yang melaksanakan puasa lebih dulu, itu juga memiliki landasan yang bisa dipertanggungjawabkan. “Yang terpenting saat ini adalah masyarakat tidak terjebak dalam perbedaan-perbedaan yang sifatnya khilafiyah serta meninggalkan esensinya,” tegas Asep.

Agar tidak terjebak ke dalam perbedaan itu, Asep mengimbau agar masyarakat mengikuti hasil sidang itsbat pemerintah melalui Kementrian Agama RI.

“Karena masyarakat diwajibkan taat kepada pemimpin, dalam hal ini pemerintah. Kita serahkan semuanya kepada pemerintah yang jelas pertanggungjawabannya,” jelas Asep. (Ade Mahmudin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: