Songsong Ramadhan dengan Menyantuni 185 Anak Yatim

Brebes, Menjelang puasa Ramadhan 1436 Hijriyah sebanyak 185 anak yatim di Desa Dukuhturi Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes mendapatkan santunan. Santunan diberikan secara simbolis oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti pada 10 anak yatim saat pengajian menjelang Puasa, di halaman balai desa setempat, Sabtu malam (13/6).

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menyambut baik dengan kegiatan pengajian seraya memperhatikan anak-anak yatim dengan cara menyantuni mereka.

“Seberapapun santunan yang kita berikan, akan membuat mereka tersenyum,” tuturnya. Menurut Idza, memang sudah sepatutnya menjelang puasa Ramadhan, anak-anak yatim yang notabene adalah anak kita juga, wajib di buat senang hatinya.

Ia berharap, masyarakat Brebes bisa menjalani puasa dengan baik dan saling harga menghargai. Perbanyak pula kegiatan yang menambah pahala puasa. “Antuasiasme kita menyambut Ramadhan, menjadi tolok ukur keimanan kita,” ucapnya.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan menjelang puasa. Dia juga merespon keinginan warga masyarakat wilayah tengah yang menghendaki dibangunnya rumah sakit daerah di wilayah tengah Brebes, tepatnya di Kecamatan Ketanggungan. Namun hingga kini, masih dalam pembahasan pencarian calon lokasi yang strategis.

Santunan yatim piatu didukung yayasan Yatim piatu Insan Sehati Dukuhturi. Selain santunan, para anak yatim tersebut juga mendapatkan bingkisan sajadah dari Anggota DPR RI Dapil IX Damayanti Wisnu Putranti.

Kepala Desa Dukuhturi Alfan Darojat menjelaskan, kegiatan santunan yatim piatu sudah berjalan selama tiga tahun. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari warga Dukuhturi dan sekitarnya. Untuk tahun ini sangat berbeda karena dihadiri Bupati dan dukungan dari anggota DPR RI. “Atas nama warga dan anak-anak yatim, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Anggota Dewan RI,” ucapnya.

Kegiatan santunan diisi pula dengan pengajian umum oleh Habib Muhammad Bin Tolib Al Athos dari Pemalang. Habib menekankan pentingnya perhatian kepada para anak yatim piatu. Nabi sendiri merupakan anak yatim yang perjuangannya untuk rahmatan lil Alamin.

Selain dihadiri ribuan pengunjung, tampak hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab Brebes Sutedjo SE, Kepala Dekranasda Kab Brebes Drs H Kompol Warsidin MH dan sejumlah undangan lainnya. (Wasdiun/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)