Sudah 2000an WNI di Evakuasi Dari Yaman Terkait Konflik

Sebanyak 1988 warga negara Indonesia berhasil dipulangkan dari Yaman oleh pemerintah melalui operasi percepatan evakuasi. Operasi tersebut dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Kepolisian, serta TNI.

Salah satu anggota tim satuan tugas dari Kepolisian, Komisaris Besar Krishna Murti mengatakan, operasi itu didasarkan permintaan Kementerian Luar Negeri. “Pelaksanaannya dari tanggal 1 hingga 4 April 2015,” kata Krishna saat melakukan konferensi pers, di Markas Besar Kepolisian, Jumat 24 April 2015.

Namun karena banyaknya kendala di lapangan, dan atas permintaan kementerian, pelaksanaan operasi diperpanjang hingga 19 April 2015.

Sasaran operasi, kata Krishna, terbagi atas dua wilayah besar yaitu Barat dan Timur. Wilayah barat ditempuh melalui akses dari Saudi Arabia dan berpusat di kota Al Hudaydh. Adapun dari wilayah Timur, akses berasal dari Oman dengan pusat operasi di kota Salalah.

Krishna mengatakan dalam operasi tersebut ada beberapa kendala misalnya sebanyak 12 body vest atau rompi anti peluru anggota satgas yang sempat disita oleh pemberontak Houthi saat memasuki perbatasan Yaman. Alasan mereka menahan body vest karena khawatir rompi para satgas dikuasai oleh musuh mereka.

‎Kendala lain adalah permasalahan bahan bakar. Saat melakukan evaluasi WNI, kata Khrisna, beberapa kali tim satgas terkendala bahan bakar kendaraan. Selain mahal, ketersediaan bahan bakar juga sangat terbatas. Mereka menyiasati dengan membawa bahan bakar persediaan dari Arab Saudi maupun Oman.

Selain itu, banyaknya barikade pemeriksaan atau check point juga menjadi kendala. Banyaknya check point diakuinya membuat waktu tempuh semakin panjang. ‎

Satgas dari kepolisian sendiri menurut Krishna terdiri dari tujuh anggota. “Operasi tersebut juga didukung dengan pendanaan sebesar US$ 10 ribu,” kata Krishna.

Sumber: Tempo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)