Tanah Datar Jadi Tuan Rumah Pramuka Pesantren Internasional

Batusangkar, NU Online
Lokasi Bumi Perkemahan Komplek Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat, menjadi tempat digelarnya perkemahan pesantren internasional yang diberi nama Minangkabau Scout Camp (MSC) pada 23 sampai 28 Desember 2015.

“Kegiatan Minangkabau Scout Camp ini akan diikuti lebih dari 1.500 peserta dari berbagai negara, kita siap sebagai tuan rumah, baik dari segi pengamanan, kelengkapan sarana prasarana, seperti air dan listrik,” kata Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani saat rapat persiapan di Pagaruyung, Selasa.

Ikut dalam rapat tersebut Penasehat Ketua Pesuruh Jaya Pengakap Malaysia Datok Kaharuddin Bin Mukmin, Ketua Kwarcab Tanah Datar Aulizul Syuib, Alumni Pesantren Gontor asal Sumbar Ustadz Mahfud, dan instansi terkait lainnya.

Penjabat Bupati Sudirman Gani mengatakan persiapan sarana dan prasarana harus diperhatikan jangan sampai saat acara listrik mati, air bersih tidak tersedia, transportasi tidak lancar, makanan dan minuman terlambat sampai, dan hal-hal lainnya.

“Soal pengamanan kita sudah dibantu aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, serta masyarakat sekitar lokasi juga sudah kita ajak ikut menyukseskan acara besar ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Tanah Datar Aulizul Syuib menyampaikan untuk suksesnya acara ini harus diperhatikan pelayanan terhadap tamu baik peserta perkemahan maupun pendamping.

“Jangan ada keluhan masalah MCK dan air bersih, semua kegiatan harus berlangsung dengan baik seperti kegiatan out bond, wisata, dan kegiatan lapangan,” kata Mantan Wakil Bupati Tanah Datar ini.

Selain itu, para pedagang di sekitar lokasi perkemahan harus tertib, menjaga kebersihan dan memberikan keramahan dan harga yang wajar kepada pembeli.

Ketua Pengakap Malaysia Datok Kaharuddin Mukmin menyampaikan semua sekolah keagamaan maupun pesantren di Malaysia sangat mendukung sekali kegiatan ini.

“Jadi ada 14 provinsi di Malaysia yang akan ikut dalam perkemahan Minangkabau International Scout Camp ini,” katanya. (Antara/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: