Terapkan NDP, PMII Umar Tamim Gelar Bakti Alam

Jombang, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Umar Tamim Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar bakti alam sebagai salah satu upaya menerapkan Nilai-nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII, yakni hablum minal alam (hubungan manisia dengan alam). Kegiatan dilaksanakan rutin setiap bulan di pekan kedua.

Ircham Ali, Ketua Komisariat Umar Tamim menuturkan, agenda ini sudah berjalan mulai satu bulan sebelumnya. Kali ini ia bekerjasama dengan BLH (Badan Lingkungan Hidup) dansantri jogo kali. “Kita sudah melaksanakan yang ke dua kalinya kegiatan semacam ini, untuk sekarang ini kita kerjasama dengan BLH dan Santri Jogo kali,” katanya kepada , Jum’at (11/12).

Bakti alam dengan tajuk resik-resik kali njoso ini diikuti oleh semua pengurus rayon dan komisariat, termasuk Kopri setempat. Mereka bersama-sama membersihkan sampah-samapah di area sungai Rejoso yang mengakibatkan aliran air sungai tersebut terhambat dan sering meluap pada musim hujan ini. “Pastinya sungai Rejoso ini sering meluap setiap hujan lebat. Dan itu sudah menjadi langganan tiap tahunnya,” tuturnya.

Untuk indikator kegiatan ini, Irham sapaan akrabnya menjelaskan, sebagai upaya menanamkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan alam sekitar. Pasalnya tidak sedikit pedagang yang beroperasi di sekitar lokasi sungai rejoso tersebut. “Kesadaran warga masyarakat sekitar perlu kami pupuk melalui kegiatan ini,” ungkapnya.

Di samping itu, Irham mengajak kepada segenap pengurus rayon dan komisariat untuki menjadi aktivis yang peka dan peduli terhadap kondisi lingkungannya. “Tak perlu jauh-jauh jadi aktivis pecinta alam yg biasa ke gunung atau ke tempat yg jauh, namun belum peka dengan kondisi didekatnya, cukup jadi aktivis pergerakan yg mengamalkan semua nilai pada NDP yaitu hubungan dengan tuhan, manusia dan pastinya alam sekitar,” tandasnya.

Disinggung terkait kegiatan bulan depan, ia mengungkapkan akan menyosialisasikan sekaligus mengajak para pemuda Jombang, pedagang dan tokoh masyarakat untuk saling menerapkan pendidikan peduli sampah. “Pertemuan kedepan kami dari Komusariat PMII Umar Tamim Unipdu Jombang akan mengadakan sosialisasi kepada kepemudaan sekitar, khususnya pedagang dan tokoh masyarakat sebagi wujud edukasi peduli sampah dengan menggandeng BLH Jomabang dan lembaga terkait lainnya,” pungkasnya. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)