Tidak Libur, Madrasah ini Gelar Lomba Sambut Nuzulul Qur’an

Probolinggo, Saat sekolah lain selama bulan suci Ramadhan 1436 H meliburkan anak didiknya sejak 15 Juni hingga 27 Juli 2015 mendatang, tetapi anak didik Yayasan Pendidikan Ihyauddiniyah (MI dan MTs) yang berada di Desa Duren Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo tetap masuk mulai 22 Juni hingga 4 Juli 2015.

“Disamping tiap pagi masuk dan diisi dengan amaliah Ramadhan, fadhilah-fadhilah bulan Ramadhan dan tentang nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), sejak tanggal 30 Juni 2015 setiap pukul 13.30 juga diadakan lomba menyambut malam Nuzulul Qur’an,” ungkap Ketua Yayasan Pendidikan Ihyauddiniyah K.A. Nor Hasan Asy, Jum’at (3/7).

Menurut Kiai Nor Hasan, ada beberapa lomba yang digelar untuk anak didiknya selama bulan suci Ramadhan. Diantaranya lomba Tartil Al Qur’an dengan tiga tingkatan, sholat Subuh berjamaah, adzan, qiro’ah, baca kitab jurmiyah, istighotsah, hafalan surat-surat pendek bagi murid MI dan hafalan juz 30 dan khitobah Bahasa Arab MTs.

“Lomba-lomba ini digelar dengan tujuan untuk mengasah kemampuan para anak didik sekaligus memberikan kegiatan yang positif kepada para anak didik. Sebab biasanya kalau diliburkan, maka mereka akan lupa akan pelajaran yang sudah diberikan oleh gurunya,” jelasnya.

Menariknya lagi, sejak tanggal 27 Juni 2015 kemarin, dalam menjalankan semua program selama bulan suci Ramadhan, pihak Yayasan Pendidikan Ihyauddiniyah dibantu oleh 15 orang SKN (Santri Kerja Nyata) dari Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi’iyah Desa Sukorejo Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo.

“Semoga dengan adanya lomba-lomba ini, para anak didik bisa lebih trampil dalam mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat dari gurunya selama ini. Dengan kata lain, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk hasil evaluasi pembelajaran yang sudah diikuti oleh para anak didik,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Anam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: