Tingkatkan Mutu Guru PAUD, Muslimat DKI Gelar Pelatihan

Jakarta, Pendidikan karakter harus dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itu mengajarkan nilai kebaikan pada anak usia dini menjadi hal yang penting. Untuk mencapai itu, diperlukan tenaga pendidik selain profesional juga berkarakter.

Atas dasar ini Pimpinan Wilayah Muslimat DKI Jakarta mengadakan pelatihan peningkatan mutu guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kamis (05/11), di Gedung PBNU lantai 8, Jakarta. Peserta pelatihan berasal dari guru PAUD se-DKI Jakarta.

Ketua panitia, Nur Laila Hazami mengatakan, di Jakarta sendiri tersebar 150-an PAUD di bawah binaan Muslimat DKI Jakarta.  Itu artinya, sambungnya, ada ratusan anak didik yang siap diberikan asupan materi awal sebagai modal dalam menyusun kerangka berpikir anak. Dan kesiapan serta pengetahuan manfaat nilai-nilai kebaikan yang diajarkan menjadi kunci peletak dasar segala perilaku yang dibuat oleh peserta didiknya. “Keberhasilan anak, salah satunya ditentukan oleh kualitas gurunya,” sambungnya.

Sesuai intruksi bidang pendidikan Pimpinan Pusat Muslimat NU, pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidik serta membudayakan kembali tradisi membaca dongeng maupun cerita-cerita rakyat. Sebab, menurut Nur Laila, mendongeng atau bercerita selain mudah dimengerti untuk anak seusia PAUD, juga banyak mengandung pesan-pesan positif. “Selain meningkatkan kemampuan berbicara, juga banyak hikmah yang didapat,” katanya.

Para peserta dibekali materi tentang ke-Muslimat-an oleh Hj. Ita Rahmawati, ketua I Muslimat NU DKI Jakarta; sosialisasi home reading (membaca di rumah) oleh Dr. Sri Mulyati dari Pimpinan Pusat Muslimat NU; kemudian cara mendongeng oleh Dewi Rahmawati, pakar dongeng Perpustakaan DKI Jakarta.

Panitia berharap, peserta pelatihan ini mampu menerapkan apa yang didapat dalam lingkungan PAUD yang mereka ajar. “Dan tidak sampai di sini saja, nanti juga akan diadakan pelatihan yang kedua,” imbuh ketua panitia. (Faridur Rohman/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: