Tingkatkan Profesionalisme, TK Ma’arif NU Jember Adakan Pelatihan

Jember, NU Online
Untuk meningkatkan profesioalisme guru, TK Ma’arif NU Cabang Jember, mengadakan pelatihan guru TK  di auditorium Niagara Park, Ambulu, Jember, Ahad (16/8).

Pelatihan yang bertema “Peningkatan Profesionalisme Guru TK Ma’arif NU Melalui Implementasi K.13” itu diikuti oleh 152 orang. Mereka terdiri dari guru TK di Jember selatan di bawah naungan LP. Pendidikan Ma’arif NU Jember. 

Wakil Ketua PCNU Jember, Suroto Bawani, dalam sambutannya menekankan pentingnya sosok guru NU yang profesional. Sebab, profesionalisme memang menjadi kunci dalam sitem pendidikan modern. 

“Selain profesional, guru juga  harus bisa membuat anak didiknya cerdas terampil dan tentu saja bisa shalat,” ucapnya.  

Suroto menambahkan,  bagi NU yang dimaksud dengan profesional tidak semata-mata menggambarkan sosok guru yang tertib, disiplin dan ahli di bidannya, namun juga pintar dalam merangsang anak didiknya agar bisa melaksanakan ajaran-ajaran agama. 

Sebab, mencari ilmu dan mengajarkannya, tidak boleh lepas dari pelaksanaan ibadah. “Jadi jangan profesional an sich, tapi juga harus shalat. Dunia itu penting, tapi agama juga penting, bahkan sangat penting,” jelas  Suroto, yang juga didapuk untuk membuka acara tersebut.

Sementara  itu, Ketua Mabin TK Ma’arif NU Cabang Jember, Mu’alifah berharap agar peserta tidak hanya bisa mengajar tapi juga membimbing dan mengasuh dalam nuansa keagamaan. 

“Guru TK itu beda dengan guru sekolah lain. Kalau guru TK, selain dituntut bisa ngajar, juga dituntut bisa menciptakan suana yang ceria. Dan yang penting juga harus telaten, bahkan bisa berposisi sebagai ibu dari anak didiknya,” ucapnya. (Aryudi A. Razaq/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)