Tongkat Mbah Wahab hingga Seragam Banser Rianto Dipamerkan

Jombang, Tongkat KH Wahab Hasbullah dan seragam Banser Rianto korban ledakan Bom saat ikut berpartisipasi mengamankan gereja di Mojokerto ikut dipamerkan dalam kegiatan Muktamar NU Expo yang digelar di Stadion Merdeka Jombang mulai 25 Juli hingga 5 Agustus 2015 mendatang.

“Tongkat ini merupakan peninggalan Mbah Wahab Hasbullah, tongkat ini selalu menyertai beliau saat mempin NU,” ujar Halim penjaga stan Museum NU yang ikut meramaikan salah satu Stan Bazar Muktamar Expo di Stadion Merdeka Jombang, Sabtu (25/7).

Di samping Tongkat Mbah Wahab, Museum NU juga masih menyimpan baju seragam Riyanto, anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) asal Mojokerto yang  meninggal akibat ledakan Bom saat ikut menjaga kegiatan kaum Kristiani merayakan Natal di salah satu gereja di Mojokerto. “Ini sejarah, peran Banser ikut menjaga toleransi beragama di Indonesia,” imbuhnya.

Peninggalan sejarah ini, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi kader NU untuk tetap menjaga toleransi beragama yang diajarkan para ulama NU di bumi Nusantara. “Dengan adanya bukti sejarah seperti yang disimpan di Museum NU, diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi kader kader NU,” tandasnya.

Di samping stan Museum NU, ada sekitar 309 stan yang ikut dipamerkan dalam bazar Expo NU di stadion Merdeka Jombang. Ratusan stan tersebut menampilkan mulai dari produk makanan hingga kerajinan batu akik. “Pameran kali in merupakan yang terbesar selam digelarnya Muktamar NU,” ujar Misbachul Munir, Koordinator Muktamar NU Expo.

Tidak hanya di stadion, pameran juga akan digelar di Alun-alun Jombang serta empat pesantren yang menjadi lokasi kegiatan Muktamar pada 1-5 Agustus mendatang. “Potensi ekonomi warga NU termasuk Jombang sangat besar . Semoga dengan digelarnya pameran semacam ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Nyono Suharli berharap kegiatan pameran dan Muktamar ke-33 NU bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Jombang. “Saya sangat bangga dan senang sekali Muktamar ke 33 NU digelar di Jombang. Termasuk kegiatan bazaar seperti ini semoga bisa dimanfaatkan masyarakat jombang,” ujarnya. (Muslim Abdurrahman/Mahbib)

Foto: Bupati Jombang melihat seragam Banser yang dikenakan Riyanto, anggota Banser Mojokerto yang meningal akibat ledakan Bom saat mengamankan umat Kristiani tahun 2000 lalu.
 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: