UNPTB LAZISNU Rembang, Sokong Finansial Pegiat NU

Rembang, NU Online
Sejak empat tahun lalu, Unit Permodalan Nahdliyin Tanpa Bunga (UNPTB) LAZISNU Rembang memberikan suntikan permodalan kepada para aktivis Nahdlatul Ulama yang sedang kesulitan dalam hal finansial. Bantuan ini dilakukan untuk mengurangi beban para aktivis yang memperjuangkan paham Aswaja.

Ketua LAZISNU Rembang KH Muslih Musthofa menjelaskan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian LAZISNU Rembang kepada para aktivis NU.

Muslih juga memaparkan, bantuan yang diberikan bersifat pinjaman tanpa bunga. Ia juga menyampaikan yang bisa memanfaatkan pinjaman ini hanya mereka yang bersedia mensyiarkan agama atau aktivis Nahdlatul Ulama yang sedang kesulitan dan membutuhkan suntikan dana secara cepat.

“Ini bisa dimanfaatkan bagi teman-teman akttivis atau mereka yang ngopeni umat. Mereka ini bisa memanfaatkan UNPTB tetapi dengan maksimal pinjaman sebesar satu juta rupiah dengan angsuran seratus ribu per bulan,” kata Muslih, Sabtu (27/6).

Selain pinjaman tanpa bunga, para peminjam harus memunyai beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi yang diantaranya; mereka adalah orang Islam yang mengurusi umat atau lebih tepatnya aktivis NU, harus ada kafil atau jaminan dari LAZISNU yang membutikan bahwa mereka aktivis NU dan orang yang baik, dan terakhir harus jelas dalam kegunaan meminjam uang.

“Tidak semua orang bisa menggunakan UNPTB. Pengguna harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dari LAZISNU. Jadi hanya para aktivis yang bisa menggunakan unit kami.”

Selain persyaratan dan ketentuan berlaku, Muslih juga menyebut jika peminjam kebetulan meninggal dunia maka pinjaman yang belum sempat terbayarkan akan dihibahkan secara penuh. Sehingga, keberadaan UPNTB dapat membantu kemaslahatan pendakwah agama. (Ahmad Asmu’i/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: