Upacara di “Gumuk”, Pelajar NU Gugah Kesadaran Jaga Lingkungan

Jember, Momentum peringatan hari  kemerdekaan RI, dimanfaatkan sejumah kader NU untuk menggugah kesadaran masyarakat akan arti pentingnya keberadaan Gumuk (semacam anak gunung kecil). Sebab, selama ini hampir semua Gumuk yang ada di Jember sudah dieksploitasi oleh pengusaha untuk diambil isinya, batu dan batu piring.

Akibatnya, nyaris  tidak ada Gumuk yang utuh, compang-camping, bahkan rata dengan tanah. Padahal, Gumuk adalah faktor penting bagi keseimbangan ekosistem yang ada. 

“Makanya kami sengaja menggelar upacara di tempat seperti ini untuk mengingatkan bahwa Gumuk itu penting dilestarikan,” tukas Ketua IPNU Politeknik Negeri Jember, M Ardi Wiranata kepada NU Online usai upacara, Senin (17/8).

Ia menambahkan, kerusakan yang diakibatkan oleh eksploitasi terhadap Gumuk-gumuk yang bertebaran di Jember, sudah begitu parah, tidak ada lagi tempat burung berteduh, hewan mencari makan dan sebagainya. Sementara Pemkab Jember tampak tidak tertarik untuk mengantisipasi kerusakan yang diakibatkan oleh eksploitasi itu. 

“Kan minimal ada pembatasan, tidak semuanya dibiarkan,” ujarnya.

Upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang diselenggarakan  oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU Politeknik Negeri Jember itu digelar di tanah lapang di gumuk kepel, Kelurahan Sumbersari.  Upacara yang diikuti oleh 50 peserta itu mengambil tema “Save Earth, Save Jember, Save Gumuk”. 

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua PC IPNU Jember, Hidayatullah. Dalam pidatonya, selain menyinggung soal perlunya pelestarian  lingkungan,  ia juga menekankan pentingnya membangun generasi muda yang selalu mengedepankan akhlaqul karimah serta bekerja dengan ikhlas dan tuntas. 

“Sebagai kader NU, kita harus menjaga sopan santun, menjaga akhlaqul karimah dalam setiap langkah dan pergaulan,” ucapnya. (Aryudi/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)