Wakil Ketua MPR Ziarahi Gus Dur

Jombang, NU Online
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin berziarah ke makam Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pesantren Tebuireng Jombang, Kamis (20/8). Didampingi, Gus Irfan Yusuf (putra Alm Yusuf  Hasyim), KH Fahmi Hadzik, ia terlihat khusuk berdoa.

“Memang saya datang untuk melakukan ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid, Presiden RI ke 4. Beliau merupakan tokoh panutan,” ujarnya usai melakukan ziarah.

Mahyudin mengatakan, jika ingin belajar terkait pluralisme, maka sosok Gus Durlah yang pantas dan sangat layak untuk ditiru.

“Tidak usah jauh-jauh, di sini tokoh pluralisme sejati. Beliau banyak mengajarkan bagaimana menghargai perbedaan,” imbuhnya.

Dalam kunjungan di Pesantren Pimpinan KH Salahudin Wahid, politisi asal Kalimantan Timur ini menyempatkan berdialog dengan keluarga pesantren.

Selain ke makam Gus Dur, ia juga menabur bunga di makam pendiri NU, KH Hasyim Asyari dan makam mantan Menteri Agama, KH Wahid Hasyim.

Salah seorang ustadz Tebuireng, KH  Fahmi, menyebutkan tidak ada agenda khusus terkait kunjungan Wakil Ketua MPR RI ini. “Beliau hanya berkunjung ke pesantren dan ingin melakukan ziarah ke makam Gus Dur,” ujarnya. (Muslim abdurrahman/Abdullah Alawi)
 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)