Warga Bonang Peringati Haul Sang Sunan

Rembang, NU Online
Warga desa Bonang kecamatan Lasem kabupaten Rembang memadati kompleks makbaroh makam Maulana Malik Ibrahim di desa setempat, Selasa (25/8). Mereka menggelar khataman Al-Quran dan tahlilan umum dalam rangka memperingati haul Sunan Bonang.

Kegiatan ini biasa diselenggarakan warga Bonang setiap 10 Dzulqa’dah untuk mengenang jasa Sunan Bonang yang menyebarkan agama Islam di pesisir pantai utara Jawa.

Juru kunci makam Sunan Bonang Abdul Wakhid menjelaskan, kegiatan ini diperingati dengan berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi bancaan tumpeng dan dilanjutkan pada malam hari pengajian umum di kompleks dalem Sunan Bonang.

“Kegiatan seperti ini memang sudah sering dilakukan setiap bulan selo, takhtimul Qur’an dilaksanakan di Pasujudan. Malam harinya juga diselanggarakan pengajian umum di kompleks dulunya menjadi ndalame (rumah Sunan Bonang) dengan dihadiri para kiai sepuh yang ada di kabupaten Rembang dan berbagai daerah di luar Rembang.”

Selain haul Sunan Bonang, tahun ini peringatan haul juga dibarengi dengan haul para masyakyih yang masih berada di wilayah desa Bonang yang di antaranya Putri Campa dan Ki Ageng Jejeruk yang berada di dukuh Sri Ombo.

Menurut Wakhid, acara yang digelar sama. Yang membedakan hanya waktu dan tempat di mana dilaksanakan kegiatan tersebut.

“Bukan hanya peringatan haul Sunang Bonang, tetapi juga peringatan para masyayikh yang letaknya tidak jauh dari desa Bonang. Putri Campa dan Ki Anggeng Jejeruk di dukuh Sri Ombo.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan peringatan mengenang sejarah singkat perjuangan Sunan Bonang melalui biografi singkat Sunan Bonang yang disampaikan dalam pengajian umum di kompleks Ndalem Sang Sunan. (Ahmad Asmu’i/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)