Warga NU Jombang Soroti Karang Taruna Kabupaten

Jombang,
Beberapa elemen NU Jombang mendatangi Kantor Pemkab Jombang untuk bertemu Bupati Nyono Suharli Wihandoko, Kepala Dinas Sosial Heru, Ketua Karang Taruna Rahmat dan pengurus harian yang lain, Kamis (12/11) siang. Mereka mengemukakan keberatan atas ketertutupan kepengurusan karang taruna kabupaten Jombang.

Mereka yang datang antara lain utusan PCNU, Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama’ (ISNU), GP Ansor, Pelajar NU, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jombang. Mereka disambut baik oleh bupati dan staf-staf lain di ruang Wakil Bupati Jombang.

Wakil Sekretaris PCNU Jombang Ahmad Samsul Rijal mengatakan, karang taruna tingkat kabupaten seharusnya merangkul beberapa elemen masyarakat dan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan untuk mengisi keanggotaan dan kepengurusannya. Keterlibatan dari banyak pihak ini akan lebih maksimal dalam menjalankan program-programnya. Selain itu organisasi sosial ini juga dapat menguatkan program Pemkab.

“Kami melihat keanggotaan karang taruna itu harusnya bersifat massif, beberapa pihak, termasuk kami sebagai warga nahdliyin ingin berpartisipasi dengan melakukan kepentingan yang sama, yakni mendorong dan melakukan pendampingan kepada masyarakat. Kami juga ingin menjadi bagian dari organisasi ini dengan berpartisipasi di dalamnya, karena semakin kuatnya demokrasi ditandai dengan banyaknya pihak yang berpartisipasi di bidang-bidang tertentu,” kata Rijal di saat pertemuan.

Rijal menambahkan, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan Jombang khususnya, diharapkan juga menjadi bagian dari upaya membentengi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seperti semangat juang para tokoh NU, KH Hasyim Asy’ari, KH wahab Hasbullah dan tokoh yang lain tempo dulu.

Ia memandang Indonesia saat ini terdapat paham-paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan NKRI. “Sikap yang sangat diperlukan untuk saat ini adalah membangun sinergitas dari beberapa elemen penting dalam kepengurusan karang taruna ini, kami mamandang banyaknya tantangan di Indonesia ke depan,” tambahnya.

Beberapa upaya dan pemikiran ini direspon positif oleh Bupati Jombang. Nyono meminta ketua dan pengurus harian karang taruna untuk menambahkan beberapa bidang dalam struktur kepengurusan dan memasukkan elemen-elemen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, termasuk warga NU.

“Saya meminta sebelum dilakukan pembaiatan, masukkan beberapa elemen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan masuk dalam bagian kepengurusan karang taruna ini, dengan adanya beberapa elemen dalam kepengurusan karang taruna ini saya berharap bisa membantu menguatkan dan menyukseskan program Pemkab Jombang,” ujar Nyono. (Syamsul/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: