Ziarahi Wali Pulau Jawa dan Madura Sebelum Tiba di Jombang

Jombang, Rombongan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Subang akhirnya tiba di Jombang, Jawa Timur, pukul 16.30 WIB, Jumat (31/7), untuk mengikuti perhelatan akbar Muktamar Ke-33 NU.

Sekretaris PCNU Subang Tata Tajudin mengatakan, sebelum datang ke Jombang, rombongan terlebih dahulu berziarah ke makam waliyullah yang berada di Pulau Jawa dan Madura.

“Gagasan untuk melakukan ziarah ke makam waliyullah berasal dari rekan-rekan MWC sehingga meminta untuk sedianya memfasilitasi kegiatan ini,” ujarnya saat ditanya disela-sela istirahat.

Ketua Tanfidziyah MWC Kecamatan Tanjung Siang Endang Suherman membenarkan hal tersebut. Rangkaian kegiatan ini merupakan hasil kesepakatan bersama

“Ini (Ziarah) tidak terlepas dari kebijakan ketua cabang, beserta reng-rengan (rencana) karena kebetulan muktamar sekarang berada di Jombang jadi rute perjalanan melewati makam para wali,” ujar mantan Ketua LTNU Kabupaten Subang.

Menurut data yang diterima NU Online, makam yang telah diziarahi antara lain makam Sunan Gunung Djati Cirebon, Habib Ahmad bin Ali Al Athos Pekalongan, Sunan Kalijaga Demak, Sunan Bonang Tuban, Sunan Giri Gresik, dan Syaikhona Kholil Bangkalan. (Bakti Habibie/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)