Alkohol Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit Kronis Hingga Kematian


Sidoarjo,

Minuman keras (miras) yang mengandung alkohol tidak baik untuk dikonsumi. Selain hukumnya haram, minuman tersebut sangat berbahaya bagi organ tubuh manusia. Pasalnya, jika seseorang terkena alkohol tinggi, bisa menyebabkan kecanduan dan akan merusak fungsi motorik pada diri manusia hingga kematian.

“Efek dari alkohol bisa sampai ke otak, dan akan mengarah ke fungsi otak yang akan menggangu beberapa fungsi tubuh manusia diantaranya, mengganggu kosentrasi, mengganggu fungsi motorik. Contohnya, jika berjalan tubuhnya akan sempoyongan. Mengganggu fungsi sensorik, yakni jika dipukul tidak sakit, tidak merasakan nyeri. Dan yang paling ditakuti yaitu efek kecanduan,” kata Kepala Humas Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, Jawa Timur, dr Silvy Rahmah Yanthy, Sabtu (6/2/2016).

Silvy menjelaskan, jika seseorang sudah kecanduan dengan alkohol. Rangsangan pada otaknya tidak sesuai atau berlebihan. Jadi seseorang yang kecanduan seakan-akan euforia (merasakan senang). Hal itu dikarenakan sel-sel otak mati.

“Jadi orang yang sudah kecanduan itu, jika tidak minum (miras) tidak senang. Setelah ia meneguk miras, yang dirasakan hanya kesenangan. Karena sel dalam otaknya mati,” jelasnya.

Selain menyerang otak, sambung Silvy, pengaruh alkohol dapat menyerang liver dan hati. Karena semua zat yang ada di dalam tubuh manusia, dihancurkan oleh hati. Saat hati itu bekerja secara terus menerus, akhirnya liver akan rusak dan sel fungsi hatinya juga rusak.

“Alkohol itu merupakan turunan dari zat gula. Imbasnya sama saja mengganggu sistem metabolisme tubuh. Sehingga seseorang yang kebanyakan alkohol akan mengalami kegemukan, gagal ginjal, gagal jantung, hipertensi, stroke dan lain sebagainya,” papar dokter yang bertugas di Rumah Sakit NU itu.

Silvy mengungkapkan, alkohol itu akan lebih fatal jika diminum dengan campuran-campuran alkohol atau zat yang tidak seharusnya (oplosan). Itu bisa menyebabkan kematian. Pasalnya, minuman tersebut secara otomatis menjadi racun.

“Minuman (miras) yang di oplos, akan mengakibatkan sesak napas, kejang, mengakibatkan kematian serta antara respon dan reaksi tidak seharusnya (jika tersenggol sedikit langsung marah),” ungkapnya.

Silvy menyebutkan, alkohol tidak baik untuk dikonsumsi. Untuk itu, bagi para remaja agar menjaga pergaulannya, bagi orang tua supaya menjaga lingkungannya agar tidak terpengaruh sama tetangga yang kurang baik, serta menjaga lingkungan keluarga dari bahaya alkohol. 

“Selain menjaga keimanan, kita juga harus menjaga kesehatan. Insya Allah kita semua akan diselamatkan Allh SWT,” pungkasnya. (Moh Kholidun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)