Ansor Bantaran Intensifkan MDS Rijalul Ansor

Probolinggo, Dalam rangka membentengi para pemuda dan masyarakat dari ancaman paham-paham lain di luar NU, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo semakin mengintensifkan kegiatan istighotsah Majelis Dzikir Shalawat (MDS) Rijalul Ansor.

Rabu (13/1) malam, istighotsah Majelis Dzikir Rijalul Ansor digelar di Pendopo Kecamatan Bantaran. Kegiatan ini diikuti sedikitnya oleh 150 orang peserta mulai dari kepala desa dan perangkatnya, Ranting NU dan Ranting GP Ansor, serta tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Bantaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Bantaran Suparman Masykur, Camat Bantaran Hari Kriswanto, Kapolsek Bantaran AKP Sujianto, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis serta pengurus dan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bantaran Mohammad Kholili.

Dalam majelis dzikir dan shalawat Rijalul Ansor ini, para pemuda Ansor bersama masyarakat membaca istighotsah yang dilanjutkan dengan shalawat dan Rattibul Haddad. Kegiatan ini diakhiri dengan musyawarah ke-Ansor-an.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bantaran Mohammad Kholili mengatakan majelis dzikir dan shalawat Rijalul Ansor ini digelar dengan tujuan untuk peningkatan ukhuwah an-Nahdliyah dan pengembangan Majelis Dzikir dan shalawat di Kecamatan Bantaran.

“Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengamalkan dan membentengi para pemuda agar tetap berpegang teguh kepada aqidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) serta lebih gemar berdzikir dan membaca shalawat,” ungkapnya.

Menurut Kholili, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemuda Ansor dalam rangka mempererat ikatan silaturrahim masyarakat di Kecamatan Bantaran serta memberikan informasi tentang program pemerintah dan keamanan. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam pemberdayaan ekonomi,” jelasnya.

Sementara Camat Bantaran Hari Kriswanto dalam sambutannya banyak memberikan informasi kepada masyarakat tentang program Pemkab Probolinggo yang berkaitan dengan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan pelayanan Ijin Usaha Mikro dan Menengah (IUMK).

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Bantaran AKP Sujianto. Dalam kesempatan tersebut Kapolsek meminta agar masyarakat selalu menghindari ajaran-ajaran sesat yang bertentangan dengan syariat agama dan ketentuan perundang-undangan.

Sedangkan Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Bantaran Suparman Masykur mengaku sangat mendukung kegiatan rutin yang dilakukan oleh para pemuda Ansor yang ada di Kecamatan Bantaran. “Ini merupakan salah satu upaya agar para pemuda memiliki kegiatan yang positif dan bermanfaat,” katanya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: